Jokowi Sematkan Gelar Pahlawan Nasional untuk Usmar Ismail

Ahsanurrijal - detikHot
Rabu, 10 Nov 2021 23:12 WIB
Usmar Ismail
Foto: (100 Tahun Usmar Ismail)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Bapak Perfilman Indonesia, Usmar Ismail dan Empat film. yang memenangkan penghargaan di kancah Internasional.

Apresiasi tersebut disampaikan Jokowi dalam sambutan acara Festival Film Indonesia yang disampaikan secara langsung pada Rabu (10/11/2021).

"Seluruh insan perfilman yang malam ini hadir bapak Ibu sekalian hadirin yang berbahagia 66 tahun yang lalu Bapak Haji Usmar Ismail dan Bapak Jamaludin Malik yang memprakarsai penyelenggaraan FFI sebagai perayaan dan apresiasi tertinggi bagi industri perfilman Indonesia," ujar Jokowi.

Berkat jasanya, Usmar Ismail dianugerahkan Pahlawan Nasional tepat pada Hari Pahlawan Nasional Indonesia.

"Karena itu, tahun ini, pagi tadi sebagai wujud penghargaan tertinggi untuk para pejuang kebudayaan atas nama bangsa dan negara saya menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada Bapak Haji Usmar Ismail, yaitu Bapak Perfilman Indonesia." lanjut Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga secara khusus mengapresiasi film-film Indonesia yang mendapatkan penghargaan di kancah Internasional, yaitu Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas, Yuni, Laut Memanggilku, dan Dear to Me.

"Saya sangat mengapresiasi 4 film Indonesia memenangkan penghargaan tertinggi di festival-festival film terbaik dunia. Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas, kemudian Yuni, Laut Memanggilku, dan Dear to Me," kata Jokowi.

Tak lupa, Jokowi juga memberikan ucapan selamat kepada para pemenang Piala Citra yang juga diumumkan pada malam yang sama.

"Selamat kepada peraih piala Citra dalam ajang FFI 2021 yang akan diumumkan Malam ini semoga prestasi ini menginspirasi karya-karya yang lebih baik di masa datang." tutur Jokowi dalam akhir sambutannya.

Selain Jokowi, ada juga para Menteri yang menghadiri FFI 2021, yaitu Nadiem Makarim (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi Indonesia), Mahfud MD (Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan), dan Sandiaga Uno (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia).



Simak Video "Kemendikbud Ristek Apresiasi FFI yang Akan Digelar November 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/nu2)