Kisah Jason James Richter, Bocah Imut di Free Willy yang Sempat Dipenjara

Asep Syaifullah - detikHot
Selasa, 09 Nov 2021 20:04 WIB
Adegan dalam film Free Willy pada 1993 lalu.
Adegan Jason James Richter di Free Willy (1993). Dok. Ist
Jakarta -

Jason James Richter sempat menjadi aktor anak-anak paling terkenal pada era 90-an. Ia hanya kalah saing dari Macaulay Culkin yang membintangi Home Alone.

Beda dengan Culkin, Jason justru dipercaya untuk tampil pada beberapa seri dari film Free Willy. Wajah imut dengan rambut mulletnya tersebut berhasil membuat Jason James Richter disukai oleh banyak orang.

Jason berperan sebagai karakter utama yakni Jesse dalam film Free Willy yang dirilis pada 1993 lalu. Kala itu ia baru berusia 13 tahun saat diajak main dalam film tersebut dan bersaing dengan 4000 anak-anak lainnya.

Ia mengaku jika dirinya disebut oleh sang produser sebagai anak-anak yang memiliki hati layaknya emas namun punya wajah yang nakal.

Pihak keluarganya pun langsung setuju dengan tawaran kontrak tersebut karena sebelumnya ia memang sudah aktif di beberapa iklan televisi sejak akhir 80-an setelah kembali ke California usai menetap di Hawaii.

Dalam wawancaranya pada 2013, Jason mengisahkan pengalamannya saat syuting di mana terjadi pada 1992 atau saat dirinya berusia 11 tahun. Itu menjadi pengalaman perdananya berinteraksi dengan paus bernama Keiko.

Adegan dalam film Free Willy pada 1993 lalu.Adegan dalam film Free Willy pada 1993 lalu. Foto: Dok. Ist

"Aku ingat momen tersebut dalam kenangan masa kecil yang indah. Kau tak melihat bahaya saat itu. Pada usia 11 tahun kau hanya berkata,'Ya Tuhan, seekor paus! Sungguh menakjubkan! Ini sangatlah keren!! Bolehkah aku memegangnya?' Namun jika aku berusia 17 tahun, aku mungkin akan mengatakan,'Hei, makhluk ini akan menggigit tanganku'," kenangnya.

Tampil pada tiga seri Free Willy, Jason juga turut membintangi beberapa film dan serial lainnya. Masa kecilnya hanya diisi dengan syuting dan ternyata itu membosankan, sehingga pada 1998 ia memutuskan untuk rehat sejenak.

"Aku sudah ada di lokasi syuting sejak 11 tahun. Aku butuh rehat," tuturnya.

Ternyata tak butuh waktu lama bagi Jason kembali ke dunia hiburan, namun kali ini ia menjajal dunia musik sebagai bassist di dalam beberapa band. Sepanjang pengalamannya tur dengan band-band tersebut tak ada yang sadar jika dirinya adalah aktor pemeran Free Willy.

Hal itu yang membuat dirinya makin yakin dan bersemangat untuk meneruskan karir di ranah tersebut.

"Tak ada yang sadar jika aku adalah bocah di Free Willy. Kau tak lagi ada di situasi membosankan di mana semua hanya berkata ya kepadamu karena kau seorang aktor ternama," kenangnya.

Pada pertengahan 2000, ia kembali berakting dan membintangi beberapa serial serta film. Tak seperti sebelumnya, kini ia harus berjuang dengan keras untuk mendapatkan peran-peran kecil di proyek tersebut.

Namanya kembali jadi heboh usai mendekam di penjara setelah dilaporkan telah melakukan tindak kekerasan dan vandalisme pada kekasihnya pada 2018.

Namun berdasarkan pengadilan ia dinyatakan tak bersalah atas kasus kekerasan, namun pada kasus vandalisme dirinya dijatuhi hukuman empat hari di penjara dan denda.

"Aku secara tak sengaja merusak kunci pintu dan telah membantah tudingan vandalisme itu. Aku pun diminta untuk membayar denda seharga pintu itu. Situasi tersebut sungguh memalukan dan mengesalkan.

[Gambas:Instagram]



"Imej ku telah rusak karenanya...Aku selalu percaya jika tudingan palsu ini akan dibatalkan dan aku hanya ingin menjelaskan saja jika dalam penyelidikan ditemukan bahwa tak ada bukti yang mendukung pengakuannya," papar Jason.

Kini Jason James Richter telah kembali aktif di dunia seni peran dan pada proyek terbarunya ia beradu akting dengan Denzel Washington, Rami Malek dan Jared Leto dalam film The Little Things yang tayang pada tahun ini.



Simak Video "Tentang Macaulay Culkin yang Berulang Tahun Ke-40"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/wes)