Animasi Balpil Siap Rilis Episode Ketiga di Hari Pahlawan, Sampaikan Pesan Ini

Mauludi Rismoyo - detikHot
Selasa, 09 Nov 2021 12:35 WIB
animasi balpil
Animasi Balpil episode terbaru besok. (Foto: dokumen pribadi)
Jakarta -

Ada kabar baik dari pecinta animasi Balpil. Episode ketiga sang robot bakal hadir besok tepat di Hari Pahlawan.

Dalam episode itu, nantinya animasi Balpil membawa pesan yang mulia. Project Director animasi itu ingin semua orang terus mengingat pahlawan Indonesia.

"Sejalan dengan tema tahun ini 'Pahlawanku Inspirasiku' dari Kemensos, salah satu nilai yg ingin kami sampaikan melalui episode tiga animasi Balpil, mari kita kenang dan hargai para pahlawan yang telah berjasa untuk bangsa ini, dengan setiap insan menggali jiwa pahlawan dalam diri masing-masing," ujar Holip.

"Hemat kami, cara untuk 'unlock' pahlawan dalam diri masing-masing adalah untuk menjadi pribadi yang seimbang dan kokoh secara fisos, yakni fisik, intelektual, sosial, dan spiritual," lanjutnya.

Sekadar diketahui Animasi Balpil digodok dari tahun 2011 dan baru menayangkan episode pertama di YouTube pada 17 Agustus 2021. Rencananya, mereka akan mengeluarkan 10 episode pada tahun 2022.

Animasi Balpil menceritakan tentang lima anak SMA, yaitu Agus, Binsar, Edo, Ling-Ling, dan Made yang mendapat kiriman sebuah robot A.I. Balpil dari masa depan. Robot itu kemudian mendampingi para anak tersebut dalam menghadapi tantangan keseharian mereka sebagai anak remaja di Generation Z.

Selain itu, Balpil dan kawan-kawan memiliki tugas mencari serta mencegah sumber ketidakseimbangan yang akan menyulut terjadinya Perang Dunia ketiga. Setiap episodenya, animasi itu akan berdurasi minimal 10 menit.

"Balpil adalah singkatan dari balanced pillar, yaitu pilar keseimbangan. Animasi ini ingin menyampaikan pentingnya setiap insan untuk menjadi sebuah pilar yang kuat dan seimbang. Bagaimana menjadi pilar yang kokoh? Dengan menjaga dan membangun keseimbangan di empat sisi fisos," kata Holip.

Sandiaga Uno apresiasi animasi Balpil.Sandiaga Uno apresiasi animasi Balpil. Foto: dokumen pribadi

Belum lama ini animasi Balpil berhasil menjadi salah satu finalis dalam program Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI 2021) di Bogor, Jawa Barat. Program itu dicetuskan oleh Kemenparekraf.

Menparekraf Sandiaga Uno pun sempat mengomentari animasi Balpil. Ia terkesan dengan kostum yang ada di karakter animasi tersebut.

"Kostum-kostum para karakter di animasi ini keren. Proyek IP ini perlu dikembangkan lebih jauh lagi," tutur Sandiaga.

(mau/pus)