ADVERTISEMENT

Eternals Tayang di Bioskop Indonesia 10 November 2021

Tim detikcom - detikHot
Senin, 08 Nov 2021 06:30 WIB
Eternals
Foto: (MARVEL) Setelah penantian panjang dan drama tak terlihat, akhirnya Eternals akan tayang di bioskop Indonesia.
Jakarta -

Setelah lulus sensor LSF, Eternals akhirnya akan tayang di bioskop seluruh Indonesia. Marvel Studios Indonesia mengabarkan Eternals bakal tayang mulai 10 November 2021.

Kehadiran Eternals sudah dinantikan oleh penggemar MCU (Marvel Cinematic Universe) di Tanah Air. Meski penayangannya sedikit tertunda karena masalah sensor. Di beberapa negara, adegan-adegan dalam Eternals harus dihapus karena dianggap tidak layang tayang.

Di Arab Saudi, Kuwait, dan Qatar, film Eternals dilarang tayang diduga lantaran ada konten bermuatan LGBT dalam film. Pihak Disney menegaskan bahwa mereka tidak ingin mengubah adegan dan konten film demi film itu bisa ditayangkan di negara-negara Timur Tengah.

Seperti diketahui bahwa Eternals menampilkan pahlawan super gay pertama di MCU. Dalam sebuah adegan, karakter Phatos dan Ben ditampilkan berciuman. Inilah yang disebut-sebut jadi alasan utama Eternals tidak bisa tayang di negara-negara tersebut.

Di Malaysia, Eternals sudah tayang dan mengalami sensor ketat. Penonton di bioskop Malaysia menuliskan testimoni mereka mengenai sensor Eternals dan mengatakan bahwa adegan-adegan yang dinilai tidak layak tampil di layar lebar setempat dipotong habis-habisan.

Chloe Zhao selaku sutradara sebenarnya sudah memprediksi bahwa Eternals bakal bentrok dengan peraturan sensor di beberapa negara. Selain adegan LGBT, ada adegan seks juga yang ditampilkan di sini. Sementara di Amerika Serikat sendiri, Eternals mendapat rating PG-13 atau bisa disaksikan 13 tahun ke atas karena adegan kekerasan, laga fantasi, kata-kata kasar, dan juga adegan seks yang singkat.

Lembaga Sensor Film Republik Indonesia memberikan rating 13 tahun ke atas buat Eternals. Kemungkinan adegan-adegan dewasa (termasuk adegan hubungan sesama jenis) sepertinya akan dipangkas. Kita akan tahu sebanyak apa sensor yang dilakukan saat penayangannya nanti.

Setelah ditayangkan di beberapa negara, Eternals tak terlalu mendapat ulasan positif. Film ini disebut medioker dan terlalu banyak yang ingin disampaikan dalam waktu yang sangat singkat. James Mottram dari SMCP menyebut Eternals punya terlalu banyak karakter sehingga ChloƩ Zhao punya sedikit ruang buat mengeksplor satu per satu superhero di film ini. Namun dia menegaskan bahwa Eternals menghadirkan aksi yang seru hanya saja kurang sentuhan humor khas Marvel dan sisi manusiawi ala ChloƩ Zhao.

Deretan karakter Eternals

Kelompok Eternals terdiri dari beberapa anggota, yang di antaranya berada di posisi sentral yakni Athena (Angelina Jolie), Ajak (Salma Hayek), Sersi (Gemma Chan).

Athena memulai asmara panjang dan kontroversinya dengan panglima perang Deviant Kro, yang telah dikonfirmasi untuk muncul di Eternals. Athena memiliki kemampuan mengubah sesuatu dari energi yang ia miliki menjadi senjata.

Ajak diubah identitas gendernya dari komik. Ia diketahui sebagai pemimpin spiritual dan dikisahkan, ia menerima wahyu dan mengajak kelompok Eternals miliknya untuk melakukan perjalanan dan sampailah ke Bumi.

Ia memiliki kemampuan untuk menyembuhkan tak hanya bagi bangsa Eternals, namun juga manusia.

Sementara itu, Sersi menginspirasi hadirnya dewa-dewi yang jadi sesembahan manusia. Dalam trailer diperlihatkan sekilas kemampuannya untuk mengubah tanah yang gersang menjadi subur. Banyak dewa paling awal yang disembah oleh manusia dikaitkan dengan kesuburan, dengan sungai yang mengalir di gurun.

(aay/mau)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT