Peringati Hari Sumpah Pemuda, Inilah Film-Film Bertemakan Perjuangan Pemuda Indonesia

Shifa Nur Fadilla - detikHot
Kamis, 28 Okt 2021 21:42 WIB
Poster film Indonesia
Rekomendasi film untuk dinikmati di Hari Sumpah Pemuda. Dok. Ist
Jakarta -

28 Oktober 1928 menjadi hari dimana sejarah baru bangsa Indonesia tercipta. Sumpah Pemuda merupakan sebuah ikrar tentang bertanah air satu, berbangsa satu dan berbahasa satu yaitu Indonesia yang dicetuskan pada saat diadakannya Kongres Pemuda II pada 28 Oktober 1928. Dari situlah kemudian setiap tanggal 28 Oktober diperingati dengan Hari Sumpah Pemuda.

Sebagai pemuda Indonesia sudah selayaknya mampu mempertahankan serta meneruskan semangat yang terkandung dalam Sumpah Pemuda. Untuk memperingati hari Sumpah Pemuda, menonton film karya anak bangsa yang menceritakan tentang semangat pemuda Indonesia menjadi salah satu hal yang tidak boleh terlewatkan. Berikut film-film yang dapat ditonton untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda.

1. Sokola Rimba

Poster film IndonesiaPoster film Indonesia Foto: Dok. Ist

Sokola Rimba merupakan film yang disutradarai oleh Riri Riza. Dirilis pada tahun 2013 film ini dibintangi oleh Prisia Nasution dan Nyungsang Bungo. Bercerita tentang seorang perempuan muda dengan keidealisannya yang memutuskan untuk mengabdi pada bangsa khususnya untuk mengajari anak-anak suku anak dalam atau yang biasa dikenal dengan Orang Rimba.

Butet Manurung awalnya adalah pekerja di Lembaga konservasi wilayah Jambi, hingga akhirnya ia menemukan jalan hidup yang ia inginkan. Butet Manurung mengajari baca tulis anak-anak dari suku anak dalam atau Orang Rimba yang tinggal di hulu sungai Makekal di hutan bukit Duabelas.

2. Cahaya Dari Timur: Beta Maluku

Poster film IndonesiaPoster film Indonesia Foto: Dok. Ist

Cahaya Dari Timur: Beta Maluku, film yang dibintangi oleh Chicco Jericho ini telah dirilis sejak tahun 2014. Film yang diangkat berdasarkan kisah nyata ini merupakan karya dari sutradara Angga Dwimas Sasongko. Film ini bercerita tentang seorang pemuda yang bertekad untuk menyelamatkan nasib anak-anak di kampungnya dari sebuah konflik agama.

Upayanya dalam menyelamatkan anak-anak tersebut ia lakukan melalui bidang olahraga yaitu sepak bola.film Cahaya Dari Timur: Beta Maluku ini berhasil meraih penghargaan film terbaik pada Festival Film Indonesia tahun 2014.

3. 3 Srikandi

Poster film IndonesiaPoster film Indonesia Foto: Dok. Ist

3 Srikandi merupakan film karya sutradara Iman Brotoseno yang dirilis pada tahun 2016. Film ini dibintangi oleh sejumlah aktris ternama seperti Bunga Citra Lestari, Chelsea Islan dan Tara Basro. Film ini bercerita tentang tiga perempuan muda asal Indonesia yang berjuang untuk memecahkan rekor yaitu menjadi orang pertama dari Indonesia yang meraih medali cabang olahraga panahan di Olimpiade Seoul tahun 1988.

Mereka bertiga dituntut untuk mampu menyelesaikan berbagai tantangan demi bisa tetap melaju ke Olimpiade Seoul.

4. Gie

Film GieFilm Gie Foto: (dok. ist)

Gie merupakan sebuah film biografi seorang Soe Hok Gie. Diadaptasi dari sebuah buku Catatan Seorang Demonstran karya Soe Hok Gie film ini digarap oleh sutradara Riri Riza. Film ini juga dibintangi sejumlah aktor dan aktris ternama seperti Nicholas Saputra, Wulan Guritno dan Jonathan Mulia.

Gie menceritakan tentang Soe Hok Gie seorang mahasiswa Universitas Indonesia yang dikenal sebagai demonstran serta pecinta alam. Memiliki pemikiran yang sangat idealis ia sering menempatkan diri di luar pemerintahan bahkan melawannya. Dalam film ini juga menceritakan perjalanan petualangan Soe Hok Gie dalam mencapai tujuannya.

5. Negeri Dongeng

Poster film IndonesiaPoster film Indonesia Foto: Dok. Ist

Negeri Dongeng bercerita tentang sebuah perjalanan melihat Indonesia, melihat para sahabat dalam sebuah perjalanan. Film ini merupakan cerita dari 7 sineas muda Indonesia yang mendaki 7 puncak gunung tertinggi di Indonesia. Perjuangan dalam perjalanan yang mereka tempuh melahirkan cerita-cerita baru dari setiap daerah yang disinggahinya.



Simak Video "Kemendikbud Ristek Apresiasi FFI yang Akan Digelar November 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/ass)