Habibie & Ainun: Film Biografi Dengan Balutan Kisah Cinta Romantis Khas Indonesia

Shifa Nur Fadilla - detikHot
Rabu, 27 Okt 2021 16:20 WIB
Poster Film bernuansa cinta
Film Habibie & Ainun. Dok. Istimewa
Jakarta -

Film yang menceritakan tentang kehidupan Rudy Habibie dan Ainun ini merupakan film drama Indonesia yang dirilis pada 20 Desember 2012. Film yang menggandeng Reza Rahardian sebagai BJ Habibie ini juga turut dibintangi aktris ternama Indonesia yaitu Bunga Citra Lestari yang memerankan Ainun.

Film yang diadaptasi dari buku autobiografi dari BJ Habibie ini disutradarai oleh Faozan Rizal serta naskahnya ditulis oleh Gina S. Noer dan Ifan Adriansyah Ismail. Film ini menceritakan kehidupan Rudy Habibie dan Ainun Besari mulai awal hingga wafatnya istri tercinta.

Pada awal rilis film ini disaksikan oleh beberapa orang nomor satu di Indonesia seperti Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden Joko Widodo, dan juga tokoh yang kisahnya diangkat di dalam film yaitu Presiden RI ke-3 BJ Habibie.

Rudy Habibie yang mempunyai mimpi untuk membuat pesawat terbang sendiri yang bertujuan untuk menyatukan seluruh pulau pulau yang ada di Indonesia.

Mimpi itu merupakan keinginan dia untuk berbakti kepada bangsa dan negara. Sedangkan Ainun sendiri adalah dokter muda yang sangat pintar dan cerdas yang bertujuan untuk mengabdi pada bangsa dan negara.

Pada tahun 1962, Habibie kembali bertemu dengan Ainun di Bandung. Habibie jatuh cinta pada Ainun yang katanya manis seperti gula jawa. Ainun tidak hanya jatuh cinta kepada Habibie, tetapi Ainun juga ingin mewujudkan mimpi dan visi Habibie yang ingin membuat pesawat untuk bangsa dan negaranya.

Mereka berdua menikah dan terbang ke Jerman. Mempunyai mimpi yang tinggi memang bukanlah perkara yang mudah untuk dikabulkan.

Godaan terhadap harta, dinginnya salju Jerman, rasa sakit yang menimpa, panasnya politik di sekitar mereka hingga kesendirian menjadi pengiring perjalanan mereka kembali ke Indonesia. Cinta yang dibangun tersebut menumbuhkan visi dan mimpi yang ingin diraihnya.

Pada saat kembalinya ke Indonesia Ainun yang setia untuk terus mendampingi Habibie hingga menjadi Presiden ke-3 Republik Indonesia. Bagi Habibie, Ainun merupakan segalanya tentang hidupnya hingga Habibie sukses dalam hidupnya. Begitu pula Ainun, Habibie merupakan segalanya dan mengisi kasih dalam setiap hidupnya.

Habibie dan Ainun benar-benar menjadi satu, tak akan tercapai semuanya tanpa dukungan salah satunya. Seperti idiom 'Dibalik pria yang sukses, ada wanita hebat dibelakangnya'.



Simak Video "Dukung Industri Film, Airlangga Gelar Nobar Bareng Menteri-Sineas"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/ass)