Potret BJ Habibie di Layar Lebar

Devy Octaviany - detikHot
Jumat, 26 Jun 2020 08:03 WIB
BJ Habibie
Foto: Instagram @b.jhabibie
Jakarta -

Juni menjadi salah satu bulan yang menyelipkan momen penting bagi BJ Habibie. Mendiang Bapak Teknologi Indonesia ini diperingati ulang tahunnya setiap tanggal 25 Juni.

Sebagai salah satu tokoh nasional Indonesia, sosok BJ Habibie juga pernah diangkat ke layar lebar. Berikut film-film tentang Habibie:

1. Habibie & Ainun

Film ini menjadi drama biopik pertama yang menceritakan tentang sosok BJ Habibie. Film ini dibintangi Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari yang didapuk menjadi Ainun.

Dirilis di tahun 2012, film ini disutradarai Faozan Rizal. Habibie & Ainun membawa kisah tentang sosok Rudy Habibie yang berusaha mewujudkan mimpinya membuat pesawat terbang.

Di sisi lain, film ini mengisahkan tentang pertemuan Habibie & Ainun.

2. Rudy Habibie

Film ini merupakan prekuel dari film Habibie & Ainun. Dalam film ini, kehidupan BJ Habibie muda dikisahkan.

Rudy Habibie mengikuti tentang perjuangan Habibie saat berkuliah di Jerman. Dalam ceritanya, terselip pula sosok perempuan asal Polandia yang pernah menjalin hubungan dengan Habibie sebelum Habibie bersama Ainun.

3. Habibie & Ainun 3

Habibie & Ainun 3 merupakan film yang menjadi pesan terakhir almarhum BJ Habibie sebelum meninggal dunia.

Saat itu syuting 'Habibie & Ainun 3' mulai berlangsung. Sakitnya Habibie dituturkan Hanung Bramantyo sang sutradara, menjadi salah satu momen tak terduga saat produksi film ini dilakukan.

"Sejak kita syuting waktu itu di Patra, Kuningan, Jakarta Selatan, kami memang sudah mendengar Eyang sakit. Dari situ, interaksi kita dengan Eyang mulai kita batasi," ungkap Hanung Bramantyo saat berbincang dengan detikcom Desember 2019.

Habibie & Ainun 3 dianggap Habibie melengkapi perjalanan tentang hidupnya di layar lebar.

"Dia bilang (ke saya), kamu sudah bikin 'Habibie & Ainun 1', lalu 'Rudy Habibie'. Sekarang film tentang Ainun, it's completed," kenang Manoj kepada Habibie yang meninggal dunia 11 September 2019.



Simak Video "Tiba di Museum TNI AU Yogya, Pesawat N250 Dirakit Ulang"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/wes)