5 Film Biografi Tokoh Dunia yang Menginspirasi

Shifa Nur Fadilla - detikHot
Rabu, 27 Okt 2021 14:02 WIB
Rami Malek sebagai Freddie Mercury di film Bohemian Rhapsody.
Rekomendasi film-film biografi ternama. Dok. Twentieth Century Fox Film Corporation
Jakarta -

Kejadian atau sebuah kisah nyata menjadi suatu topik yang sangat menarik untuk diangkat dalam sebuah film. Tak heran jika para sineas banyak membuat film berdasarkan kisah nyata. Film biografi atau biopik adalah salah satunya yang mengangkat suatu kisah nyata menjadi sebuah film.

Film biografi biasanya mampu menginspirasi para penontonnya lantaran dalam sebuah film biografi banyak pelajaran yang dapat diambil. Terlebih jika film biografi diproduksi secara profesional dengan riset yang mendalam. Berikut beberapa film biografi yang dapat menginspirasi.

1. The Theory of Everything

The Theory of EverythingThe Theory of Everything Foto: (imdb)

The Theory of Everything merupakan film biografi Stephen Hawking seorang ilmuan astrofisika ternama di dunia. Film biografi ini disutradarai oleh James Marsh. Berlatar tahun 1960-an film ini bercerita tentang Stephen Hawking yang kala itu jatuh cinta dengan teman kuliahnya yaitu Jane Wilde.

Stephen Hawking seorang laki-laki yang cerdas dan aktif, namun sayangnya tiba-tiba saja ia menderita penyakit motor neuron hingga membuatnya sulit beraktifitas. Stephen Hawking bersama dengan Jane berjuang bersama untuk melawan penyakitnya juga melahirkan pengetahuan baru di bidang kedokteran dan sains.

2. The Social Network

Film The Social NetworkFilm The Social Network Foto: Dok. Ist

Siapa yang tidak kenal dengan sosok Mark Zuckerberg? Seorang laki-laki yang dikenal menjadi salah satu orang terkaya di dunia. The Social Network merupakan film biografi yang menceritakan tentang Mark Zuckerberg, pencipta media sosial Facebook.

Film ini bercerita tentang kisah Mark dan teman-temannya untuk menciptakan sebuah media sosial yang kini dikenal dengan Facebook dan bagaimana kendala yang dihadapinya sebelum sukses seperti saat ini.

3. Nowhere Boy

Film Nowhere BoyFilm Nowhere Boy Foto: Dok. Ist

Nowhere Boy merupakan film biografi musisi legendaris yaitu John Lennon yang membentuk band legendari yaitu The Beatles. Film ini bercerita tentang bagaimana John membentuk bandnya sendiri.

John merupakan remaja yang selalu memberontak, ia tinggal bersama bibinya. Suatu hari John membulatkan tekadnya untuk membuat band dan bergabung dalam The Quarrymen hingga bertemu Paul McCartney.

4. Journey To Mecca

Film Journey To MeccaFilm Journey To Mecca Foto: Dok. Ist

Journey to Mecca merupakan film biografi dari Ibn Battutah yaitu seorang penjelajah muslim terhebat pada abad ke-14. Ibn Battutah menjadi salah satu penjelajah terbesar dalam sejarah. Berlatar pada tahun 1300an, kala Itu Ibn Battutah, memutuskan untuk melakukan perjalanan Haji seorang diri dari Maroko menuju Mekkah pada tahun 1325.

Perjalanan itu sangat membuka pikirannya dan merendahkan hatinya. Setelah berhasil pergi haji ia memutuskan untuk tidak pulang melainkan melanjutkan penjelajahan ke China, India dan 40 negara lainnya untuk menimba ilmu.

5. Bohemian Rhapsody

Rami Malek sebagai Freddie Mercury di film 'Bohemian Rhapsody'.Rami Malek sebagai Freddie Mercury di film 'Bohemian Rhapsody'. Foto: Dok. Twentieth Century Fox Film Corporation

Bohemian Rhapsody menjadi film biografi yang sangat menginspirasi terlebih untuk para penontonnya yang juga memiliki mimpi untuk menjadi seorang penyanyi.

Film biografi ini bercerita tentang kehidupan Freddie Mercury, musisi sekaligus vokalis dari band legendaris Queen. Judul film ini pun diambil dari salah satu judul lagu Queen yang paling populer.



Simak Video "5 Rekomendasi Film untuk Temani Akhir Pekanmu"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/ass)