5 Film Indonesia Hasil Remake dari Sinetron Jadul

Ahsan Nurrijal - detikHot
Sabtu, 23 Okt 2021 09:36 WIB
Si Doel The Movie
Film yang diangkat dari sinetron. Dok. Ist
Jakarta -

Industri sinetron Indonesia sering mendapatkan cibiran karena memiliki terlalu banyak episode dengan jalan cerita yang berbelit-belit. Namun, sebenarnya Indonesia memiliki sinetron-sinetron berkualitas yang pernah tayang saat dahulu.

Bahkan, sinetron-sinetron jadul tersebut akhirnya dibuat kembali untuk tayang di layar lebar karena ikonik, memorable, dan memiliki jalan cerita yang bagus. Penasaran apa saja film Indonesia hasil remake dari sinetron jadul? yuk simak artikel berikut!

1. Si Doel The Movie (2018)

Si Doel The MovieSi Doel The Movie Foto: Dok. Ist

Sinetron Si Doel Anak Sekolahan merupakan salah satu sinetron paling laris dan fenomenal dan menjadi kebanggaan Indonesia. Demi mengulang kembali kesuksesan tersebut, Falcon Pictures membuat versi film dari sinetron legendaris tersebut.

Versi layar lebarnya masih dibintangi oleh pemain-pemain yang sama, seperti Rano Karno, Maudy Koesnaedi, Cornelia Agatha, dan pemain lain yang terlibat dalam sinetronnya.

Hasilnya, film ini berhasil mengulang kesuksesan sinetronnya yang telah tayang dua dekade silam. Film Si Doel The Movie masuk dalam lima film terlaris pada tahun 2018. Melihat kesuksesan tersebut, akhirnya dibuatlah dua sekuelnya untuk melengkapi trilogi kisah Si Doel, yaitu Si Doel The Movie 2 (2019) dan Si Doel The Movie 3 (2020).

2. Wiro Sableng (2018)

Poster pemain film 'Wiro Sableng'.Poster pemain film 'Wiro Sableng'. Foto: Dok. Instagram/wirosablengofficial

Bagi anak 90-an, pastinya sudah tidak asing dengan Wiro Sableng. Sosok tersebut adalah karakter utama dari sinetron dengan judul yang sama hasil adaptasi dari buku karya Bastian Tito, ayah dari Vino G. Bastian.

Pada tahun 2018, kisah Wiro Sableng diangkat menjadi film berjudul Wiro Sableng Pendekar Kapak Maut Naga Geni 212 yang diperankan oleh Vino G Bastian. Film ini begitu istimewa baginya karena dapat memerankan karakter yang diciptakan oleh ayahnya sendiri.

3. Keluarga Cemara (2018)

Film Keluarga CemaraFilm Keluarga Cemara Foto: Instagram @filmkeluargacemara

Keluarga Cemara merupakan salah satu sinetron tontonan keluarga terbaik di Indonesia. Sinetron ini pertama kali tayang pada tahun 1996 dan berakhir pada 2004. Kisahnya begitu sederhana dengan mengikuti keseharian keluarga Abah, Emak, dan anak-anaknya yang dapat menghangatkan hati, membawa kebahagiaan, dan penuh pesan moral.

Melihat betapa memorablenya sinetron tersebut, Visinema Pictures membuat film Keluarga Cemara. Film ini dibintangi oleh bintang-bintang besar seperti Ringgo Agus Rahman, Nirina Zubir, hingga Adhisty Zara. Remake ini sukses menggaet dua Piala Citra dalam kategori Musik Original Terbaik dan Skenario Adaptasi Terbaik.

4. Tersanjung (2021)

Tersanjung The MovieTersanjung The Movie Foto: (dok.Netflix)

Jika ditanya sinetron jadul apa yang paling diingat dan terlaris, mungkin banyak orang akan menjawab Tersanjung. Sinetron yang tayang pada tahun 2005 ini sukses besar dan selalu mendapatkan rating tinggi pada masanya. Kehadiran Ari Wibowo, Lulu Tobing, hingga Jihan Fahira menjadi salah satu daya tarik penonton.

Hingga pada April 2021 lalu, MVP Pictures merilis film Tersanjung yang dibintangi oleh aktor-aktor muda seperti Clara Bernadeth, Giorgino Abraham, dan Kevin Ardilova. Walaupun memiliki jalan cerita yang berbeda, namun film ini dapat menghadirkan suasana 90an yang dapat membuat kamu bernostalgia.

5. Losmen Bu Broto (2021)

Poster film 'Losmen Bu Broto'Poster film 'Losmen Bu Broto' Foto: Dok. Instagram Paragon Pictures

Sinetron Losmen merupakan sinetron pertama produksi Indonesia yang tayang pada tahun 1980 lalu di TVRI. Losmen menjadi titik awal bagi industry sinetron Indonesia. Walaupun sudah berselang 40 tahun, sinetron ini masih membekas bagi para penonton terdahulu.

Demi membangkitkan memori tentang sinetron tersebut, Paragon Film membuat film remake berdasarkan sinetron Losmen yang diberi judul Losmen Bu Broto. Film ini juga dibintangi oleh bintang-bintang besar Indonesia seperti Mathias Muchus, Maudy Koesnaedi, Maudy Ayunda, hingga Baskara Mahendra.

Melihat trailernya, film ini sangat kental dengan budaya Indonesia karena terlihat para pemainnya memakai pakaian tradisional seperti kebaya. Film ini telah dijadwalkan rilis pada 18 November 2021 mendatang.

Itulah film Indonesia hasil remake dari sinetron jadul. Film-Film tersebut laris manis di bioskop karena dapat menghadirkan suasana nostalgia serta melihat versi modern dari sinetron legendaris yang memang ikonik. Apakah ada film favorit kalian dalam daftar tersebut?



Simak Video "Kemendikbud Ristek Apresiasi FFI yang Akan Digelar November 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/ass)