Review In for a Murder: Film Pembunuhan yang Nanggung

Anarani Kifaya - detikHot
Sabtu, 23 Okt 2021 08:07 WIB
In for a Murder
(Foto: dok. Netflix) In for a Murder bukanlah film misteri dengan alur yang berat dan penuh ketegangan. Sayang, unsur menegangkan dan bumbu komedinya terasa serba biasa saja.
Jakarta -

Siapapun pasti kaget ketika menemukan sesosok tubuh tergeletak di taman. Kehidupan yang biasa saja tiba-tiba menjadi penuh misteri, apalagi setelah diselidiki, kejadian tersebut masih ada sangkut paut dengan orang yang dikenal. Rasa penasaran semakin membuncah untuk memecahkan kasus tersebut.

Hal inilah yang terjadi kepada Magda (Anna Smolowik) dalam film asal Polandia berjudul In for a Murder. Magda hanya seorang ibu rumah tangga yang tinggal bersama suami dan dua anak di sebuah kota kecil bernama Podkowa Lesna. Suatu malam ketika mengajak anjingnya jalan-jalan, ia melihat seorang perempuan tak bernyawa dengan luka tusuk di bagian lehernya. Magda langsung menghubungi teman lamanya, inspektur Jacek Sikora (Pawel Domagala), untuk menelusuri kasus ini.

Sehari setelah kejadian mencekam tersebut, Magda menemani sang suami, Tomasz (Przemyslaw Stippa) bermain tenis dan makan malam bersama rekan bisnisnya Jaroslaw Czerwinski (Szymon Bobrowski) dan Susie. Selepas makan malam, Susie memamerkan foto-fotonya dalam pesta bergengsi calon anggota dewan Bruno Szeliga (Rafal Królikowski).

In for a MurderIn for a Murder kini tayang Netflix. Foto: dok. Netflix

Magda terkejut saat salah satu foto yang ditunjukkan Susie adalah perempuan tewas yang ditemukannya. Dalam swafoto itu si perempuan memakai kalung berinisial huruf W. Bentuk kalung itu sama persis dengan yang Magda berikan kepada sahabatnya yang telah hilang bernama Weronika (Emma Giegzno). Ia kembali menghubungi Jacek untuk menghubungan titik-titik misterius ini. Magda yakin kematian perempuan di taman berkaitan dengan hilangnya Weronika.

Karena ingin sekali menemukan Weronika, Magda pun ikut mengusut skandal ini. Awalnya Jancek melarang Magda terlibat lebih dalam namun pada akhirnya ia tidak keberatan dibantu oleh Magda. Jancek mengetahui nama perempuan yang tewas dibunuh itu. Ia bernama Joanna Maj (Sandra Hebrich). Di sini Magda mulai bingung, apa hubungannya Weronika dengan Joanna? Apakah hilangnya Weronika bersinggungan dengan pembunuhan Joanna? Mereka pun berusaha menguak apa yang sebenarnya terjadi. Magda yang biasanya hanya mengetahui kasus pembunuhan dari karya-karya Agatha Christie, kini dihadapi situasi nyata sebuah kasus kematian.

In for a Murder bukanlah film misteri dengan alur yang berat dan penuh ketegangan. Bahkan dalam platform Netflix selain tertera genre suspenseful (menegangkan), film yang diangkat dari novel karya Katarzyna Gacek ini tercantum pula aliran komedi. Sayang, baik unsur menegangkan dan komedi terasa serba biasa saja.

Konflik utama tak berhasil membuat pemirsa serasa ikut menjadi seorang penyidik. Lawakan yang muncul terdengar garing begitu pula dengan beberapa adegan seperti ketika Magda dikejar oleh ajudan dari Bruno dan tiba-tiba menembus pesta seseorang, sangat ketinggalan zaman.

In for a MurderIn for a Murder Foto: dok. Netflix

Pertikaian tambahan seperti Tomasz yang dicurigai main mata dengan wanita lain pun tidak meningkatkan keseruan dalam film ini. Semuanya hambar. Namun jika kalian ingin mencari film misteri tanpa terlalu banyak berpikir, cukup ikuti alur yang disediakan, In for a Murder bisa jadi pilihan.

(aay/aay)