Nussa: Film Animasi Indonesia yang Tak Kalah dari Hollywood

Febriyantino Nur Pratama - detikHot
Jumat, 15 Okt 2021 06:00 WIB
Nussa
Nussa: Film Animasi Indonesia yang Tak Kalah dari Hollywood. (Foto: Nussa (dok. The Little Giantz)
Jakarta -

Film animasi Nussa sudah tayang di bioskop sejak 14 Oktober 2021. Nussa adalah hasil kolaborasi Visinema Pictures dan The Little Giantz.

Film arahan sutradara Bony Wirasmono bercerita saat Nussa (Muzzaki Ramdhan) yang berambisi memenangkan sebuah kompetisi sains tepatnya roket. Lantas muncul anak baru yang bernama Jonny (Ali Fikri) yang lebih mutakhir dalam menciptakan roket menjadi pesaing berat Nussa.

Sontak popularitas Nussa pun turun dengan kemunculan Jonny yang langsung menjadi anak paling populer di sekolah. Apalagi Nussa cuma mampu membuat alat sains dengan barang bekas yang ada di sekitar rumahnya.

Nussa yang merasa minder dengan Jonny sempat putus asa. Beban Nussa pun bertambah lantaran ayahnya yang tak pulang-pulang, bahkan membuat kakak dari Rara itu kehilangan kepercayaan dirinya.

Meski Nussa dan Jonny bersaing, keduanya pun akhirnya berkolaborasi menjadi perwakilan sekolah untuk mengikuti kompetisi sains. Dengan mengambil setting di bulan Ramadhan, hal itu membuat Nussa lebih sabar dalam menghadapi cobaan hidup.

Dilihat dari segi animasi, Nussa tak kalah dengan film garapan Holywood. Banyak nilai edukasi yang dapat dipetik dari Nussa, terutama untuk para orang tua.

Dari segi penokohan, jalan cerita konflik Nussa dirasa sangat ringan untuk dicerna penonton semua umur. Para dubber yang diisi oleh selebriti Tanah Air dirasa pas, meski suara mereka sangatlah dikenali.

Tak cuma menyoroti konflik Nussa dan Jonny, unsur komedi juga terasa berkat lakon Babeh Jaelani (Opie Kumis), hingga adik Nussa, Rara (Aysha Razaana Ocean Fajar), yang mampu memecah tawa penonton dengan perilakunya yang kocak.

Meski filmnya sempat kontroversial bahkan dituding pakaian Nussa seperti bomber Taliban, rupanya karya animasi itu justru diganjar prestasi di kancah nasional maupun internasional. Bahkan telah tayang perdana pada 8-18 Juli Bucheon International Fantastic Film Festival (BIFAN) 2021 dan masuk Nominasi FFI 2021.

Deretan bintang lain yang menjadi pengisi suara di film animasi ini antara lain Maudy Koesnaedi, Asri Welas, Raisa, Alex Abbad, Malka Hayfa, Widuri Puteri, Ali Fikry, Ocean Fajar, dan Fenita Arie.

(fbr/mau)