Karier Meriam Bellina Bersinar Bersama Para Bintang Muda

Hafidjah Nuraulia - detikHot
Selasa, 05 Okt 2021 17:53 WIB
Meriam Bellina
(Foto: Palevi/detikHOT) Wanita yang memiliki nama lengkap Eliza Marina Bellina Bamboe ini tetap eksis sejak era 80-an hingga kini. Meriam Bellina dulu tak segan melakukan adegan panas.
Jakarta -

Meskipun kini banyak bintang pendatang baru di industri hiburan Tanah Air khususnya dunia seni peran, beberapa aktris senior Tanah Air tetap eksis. Salah satunya ialah Meriam Bellina, seorang aktris senior yang pesonanya sudah melekat di hati masyarakat Indonesia.

Wanita yang memiliki nama lengkap Eliza Marina Bellina Bamboe ini lahir pada 10 April 1965. Ia merupakan seorang aktris sekaligus penyanyi yang berasal dari keturunan Belanda dan Sunda.

Meriam BellinaMeriam Bellina Foto: dok. Istimewa

Meriam Bellina pernah jadi salah satu aktris termuda kedua dalam sejarah perfilman Indonesia yang dapat meraih Piala Citra tahun 1984 pada kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik. Saat itu usianya baru menginjak 19 tahun ketika main film Cinta di Balik Noda (1984).

Putri dari pasangan Maria Theresa dan G. H. Bamboe ini mengawali kariernya dalam dunia akting melalui film Perawan - Perawan (1981). Saat itu, Meriam masih remaja. Ia berperan sebagai Poppy.

Dalam perjalanan kariernya, Meriam termasuk salah satu aktris yang berani melakukan adegan panas. Wanita yang lahir di Bandung, Jawa Barat itu bahkan mendapatkan gelar sebagai Bomb Sex Indonesia pada masanya.

Selain berakting dalam sejumlah sinetron dan film, ia juga berkarier di dunia tarik suara. Ia pernah merilis beberapa album di antaranya bertajuk Simfoni Rindu (1983), Untuk Sebuah Nama (1984), Artis Idola Meriam Bellina (1989), Mungkin Aku Harus Berlalu (1990), dan Asmara (1993).

Meskipun kariernya sebagai penyanyi tidak secemerlang dalam berakting, lagu-lagunya melegenda bagi masyarakat yang mengaguminya sejak era 80 dan 90an.

Saat ini industri hiburan Tanah Air telah dihiasi para pendatang baru. Beberapa sinetron dan layar lebar telah didominasi wajah-wajah baru. Namun, hingga saat ini Meriam Bellina tetap eksis dan tak jarang ia ikut beradu akting dengan pendatang baru.

Meriam Bellina di film Dimsum Martabak bersama Ayu Ting Ting.Meriam Bellina di film Dimsum Martabak bersama Ayu Ting Ting. Foto: dok. Istimewa/RA Pictures
(aay/aay)