Spider-Man Nyaris Masuk Cerita Venom 2, Tapi Batal karena Ini

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Minggu, 03 Okt 2021 20:42 WIB
Spider-Man: No Way Home
Foto: dok. Sony
Jakarta -

Penonton Venom 2 atau Venom: Let There Be Carnage dikejutkan dengan post-credit scene yang akan mengubah film-film Venom selanjutnya. Spoiler alert, muncul Spider-Man versi Tom Holland di adegan tersebut.

Menurut sutradara Andy Serkis, Spider-Man sebenarnya ingin ditampilkan dalam kisah Venom 2 sejak awal. Jadi penampilannya nggak cuma sekedar cameo kejutan setelah credit title selesai. Namun rencana itu dibatalkan karena pihak Sony Pictures ingin fokus dulu buat mengeksplor dan mengembangkan Venom-verse sebelum mereka berpindah ke Spider-Verse.

Meski setelah Venom: Let There Be Carnage tampak jelas bahwa pada akhirnya Venom dan Spider-Man akan bertemu. Hanya saja pertemuan itu masih belum bisa dibeberkan dengan detail akan seperti apa kisah mereka dalam satu dunia yang sama.

"Sebenarnya (penampilan Spider-Man) bisa lebih banyak dari itu. Mereka bahkan sudah membicarakannya sejak sebelum aku bergabung ke proyek ini. Ada momen Spider-Man berpotensi jadi bagian dari cerita tapi batal," kata Andy Serkis dalam sebuah wawancara dengan THR.

"Kami memutuskan untuk benar-benar menjelajahi universe Venom dulu. Tapi lalu dalam prosesnya kami berdiskusi lagi dan benar-benar di penghujung proses kami memutuskan buat menampilkan teaser itu," lanjutnya.

Yang pasti dengan dimunculkannya Spider-Man di adegan post-credit Venom 2 memastikan masuknya Eddie Brock dan Venom yang diperankan Tom Hardy ke dalam Marvel Cinematic Universe.

Seperti yang kita tahu, hingga saat ini karakter-karakter komik Marvel dipegang hak adaptasi filmnya oleh dua studio besar yaitu Sony Pictures dan Disney.

Sony Pictures punya SPUMC atau Sony Pictures Universe of Marvel Characters; sementara Disney lewat Marvel Studios punya MCU alias Marvel Cinematic Universe.

Meski dalam komik karakter-karakter milik dua studio tersebut bisa bertemu satu sama lain atau terlibat dalam pertempuran yang sama, agak sulit untuk bisa menyatukan mereka di dalam sebuah semesta sinematik. Sejauh ini, baru trilogi Spider-Man yang diperankan Tom Holland saja yang berhasil menyatukan dua dunia tersebut dalam satu proyek (ditambah dengan beberapa film Avengers).

Tapi adegan post-credit dalam film Venom: Let There Be Carnage menjadi sebuah kode besar buat kolaborasi dua studio ini. Dalam adegan tersebut diperlihatkan efek malfungsi yang mirip-mirip dengan apa visual yang dihadirkan di Spider-Man: Into the Spider-Verse.

Efek malfungsi ini bisa jadi mengindikasikan adanya perpindahan universe. Ditambah lagi dalam adegan tersebut diperlihatkan adegan berita televisi yang menampilkan karakter J. Jonah Jameson (diperankan J.K. Simmons) membacakan kabar soal identitas Peter Parker sebagai Spider-Man. Spider-Man versi Tom Holland pun tampil dalam berita tersebut tanpa topeng.

Saksikan juga:Frans Sanjaya, Youtuber Spesialis Action Figure Jutaan Rupiah

[Gambas:Video 20detik]



(dal/dal)