As The Gods Will, di Antara Squid Game dan Tudingan Plagiat

Shifa Nur Fadilla - detikHot
Rabu, 29 Sep 2021 12:46 WIB
Film As the Gods Will
SDok. Ist
Jakarta -

Squid Game yang baru saja rilis pada 27 September 2021 lalu merupakan series Korea Selatan original Netflix. Squid Game menyajikan konsep survival game mematikan yang akan membawa penonton dalam suasana tegang selama menonton.

Konsepnya itulah yang berhasil menarik hati para penonton. Meski terbilang masih baru saja rilis, drama thriller misteri itu sudah berhasil memasuki jajaran 10 Top Netflix. Bahkan berhasil menggeser posisi Money Heist sebagai crime series paling banyak ditonton.

Meski Squid Game telah menjadi pusat perhatian sejak pertama kali rilis, namun konsep survival game ini bukanlah yang pertama digunakan dalam sebuah film ataupun series. Bahkan di balik ketenaran Squid Game sempat ramai diperbincangkan tudingan plagiat terhadap film Jepang yang sudah rilis sejak tahun 2014 yakni As The Gods Will.

As The Gods Wills ini merupakan adaptasi dari story arc pertama manga berjudul sama karya Muneyuki Kaneshiro dan Akeji Fujimura. Bercerita tentang Shun Takahata (Sota Fukushi) seorang siswa SMA yang kerap menghabiskan waktunya dengan bermain gim video yang sadis. Ia menjadikan gim sebuah pelarian lantaran merasa rutinitasnya membosankan.

Suatu hari Shun dan teman sekelasnya mengalami kejadian aneh di sekolah mereka. Tiba-tiba saja di kelas mereka terdapat satu boneka Daruma yang meminta seisi kelas mengikuti sebuah permainan. Mereka dipaksa untuk mengikuti petunjuk dari sebuah boneka daruma yang ada di kelas.

Film As the Gods WillFilm As the Gods Will Foto: Dok. Ist

Pada dasarnya permainan itu cukup sederhana, mereka harus berjalan ke arah Daruma saat boneka itu bernyanyi sambil membelakangi peserta lainnya. Peserta tidak boleh bergerak saat Daruma membalikkan badan dan akan dieliminasi.

Namun, yang membuat permainan itu menjadi mengerikan karena peserta akan dieliminasi dengan cara dibunuh Daruma. Satu-satunya cara untuk menang adalah menekan tombol di belakang tubuh Daruma.

Permainan itulah yang membuat Squid Game dituding memplagiat film As The Gods Will. Dalam series Squid Game juga ada permainan serupa Durama, yaitu Lampu Merah Lampu Hijau.

Para peserta Squid Game harus melewati garis finish dengan batas waktu yang telah ditentukan. Peserta boleh berjalan selama patung anak perempuan bernyanyi dan membelakangi peserta. Peserta yang tertangkap sensor gerak saat patung membalikkan kepala akan ditembak.

Simak video 'Squid Game Berpotensi Jadi Serial Terlaris di Netflix':

[Gambas:Video 20detik]



(ass/ass)