Perjalanan Karier Awkwafina, Rapper yang Nyaman Jadi Aktor

Hafidjah Nuraulia - detikHot
Senin, 27 Sep 2021 12:21 WIB
NEW YORK, NEW YORK - MAY 06: Awkwafina attends The 2019 Met Gala Celebrating Camp: Notes on Fashion at Metropolitan Museum of Art on May 06, 2019 in New York City. (Photo by Neilson Barnard/Getty Images)
Awkwafina, rapper yang kini tenar sebagai aktor. Dok. Getty Images
Jakarta -

Bagi penikmat film pasti tidak asing dengan aktris yang memiliki darah Tiongkok, Awkwafina. Akhir-akhir ini, namanya semakin banyak dibicarakan sejak perannya dalam film Crazy Rich Asians, Jumanji: The Next Level, hingga Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings. Ia pun menjadi salah satu pemenang pada kategori Aktris Terbaik dalam Penghargaan Golden Globe 2020.

Wanita yang memiliki nama asli Nora Lum ini merupakan seorang rapper dan aktris asal Amerika Serikat dengan darah keturunan Tiongkok. Selain ayahnya, Wally yang merupakan keturunan Tiongkok, sang ibu berprofesi pelukis imigran asal Korea Utara.

Waktu kecil Lum menjalankan hidupnya dengan sulit. Ibunya meninggal dunia sejak ia berusia empat tahun. Ia pun dirawat dan tumbuh hanya dengan kasih sayang sosok ayah serta neneknya. Saat beranjak remaja, di kehidupan SMA, ia mulai tertarik dengan dunia musik dengan mempelajari cara bermain terompet dan mencari tahu berbagai genre musik.

Lum pun mulai mengenalkan nama panggungnya sebagai Awkwafina, ketika sedang bermain musik. Ternyata, ia belum mendedikasikan diri sepenuhnya dalam dunia musik. Saat memasuki dunia perkuliahan, ia mengambil Jurusan Jurnalistik di University of New York. Meski demikian, Awkwafina tetap mempelajari musik sampai akhirnya merilis debut single-nya pada 2012 bertajuk My Vag dan mendapatkan sorotan publik.

Memanfaatkan momen itu, hanya berselang dua tahun ia pun merilis album rap perdana dengan berisikan 11 lagu bertajuk Yellow Ranger. Awkwafina pun menjadi salah satu headline dalam Supreme Festival.

Di sisi lain, karir akting Awkwafina dimulai sejak mendapatkan kesempatan menjadi cast di musim ketiga (2014) dan keempat (2015) serial Girl Code. Banyak orang yang mulai menyukai aktingnya karena dianggap lucu. Ia justru mencapai puncak pada bidang akting. Ia semakin digemari banyak orang pada tahun 2018.

Ia memainkan sejumlah film seperti, Dude, Ocean's 8, dan Crazy Rich Asians pada tahun tersebut. Tidak hanya itu, pada tahun 2019, ia mendapatkan peran dalam The Farewell sebagai Billi Wang yang mengantarkan dirinya sebagai pemenang Aktris Terbaik pada ajang Golden Globe Awards 2020.

Di tahun berikutnya ia pun mendapatkan banyak tawaran untuk berakting hingga mengisi suara sejumlah animasi. Beberapa di antaranya ialah, Jumanji: The Next Level (2019) sebagai Ming Fleetfoot, The Spongebob Movie: Sponge on the Run (2020) sebagai Otto, Raya and the Last Dragon (2021) sebagai Sisu, bahkan produksi Marvel Cinematic Universe berjudul Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings (2021) sebagai Katy.



Simak Video "Debut Superhero Asia-Amerika Pertama Marvel Lewat 'Shang-Chi'"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/ass)