7 Adegan Keren dalam Film yang Dibuat Tanpa CGI!

Ahsan Nurrijal - detikHot
Selasa, 21 Sep 2021 07:36 WIB
interstellar
(Foto: istimewa) Ada sutradara yang memilih mengurangi efek CGI dalam adegan di film yang mereka garap demi memperlihatkan kesan organik di produk akhirnya. Siapa saja?
Jakarta -

Film-film aksi, fiksi ilmiah, dan superhero biasanya menggunakan efek CGI buat memberikan kesan fantastis di adegan-adegan ekstrem. Namun, ada beberapa sutradara yang memilih mengurangi efek CGI dalam adegan di film yang mereka garap demi memperlihatkan kesan organik di produk akhirnya.

Lantas, adegan keren apa saja dalam film yang tidak menggunakan CGI? Yuk simak artikel detik berikut ini:

1. Jaws (1975)

[Gambas:Youtube]


Tahun 1975 mungkin belum ada efek CGI yang canggih seperti sekarang. Dalam film Jaws pertama karya Steven Spielberg, hiu yang menjadi ancaman sepanjang film nyatanya adalah sebuah robot hiu buatan.

Hiu tersebut mendapatkan apresiasi dari banyak orang karena terlihat asli dan bahkan menjadi mimpi buruk bagi beberapa orang atas kengerian yang benar-benar nyata dari hiu tersebut.

2. Spider-Man (2002)

[Gambas:Youtube]


Pada trilogi Spider-Man garapan Sam Raimi, ada satu adegan ikonik dari Peter Parker (Tobey Maguire) yang tidak menggunakan CGI sama sekali. Adegan tersebut adalah saat Peter menahan tubuh MJ (Kirsten Dunst) yang terpeleset dan menangkap makanannya di atas baki.

Perlu kamu ketahui, Tobey Maguire butuh latihan berhari-hari untuk adegan di kafetaria tersebut. Bahkan adegan ini membutuhkan 156 kali take untuk membuatnya.

3. The Dark Knight (2008)

[Gambas:Youtube]


Film Batman The Dark Knight karya Christopher Nolan dianggap sebagai salah satu film superhero terbaik hingga saat ini. Pesona karakter Joker dari Heath Ledger dan Batman yang penuh karisma dari Christian Bale memang menjadi salah satu daya tarik dalam filmnya.

Ada satu adegan ekstrem dalam film ini yaitu saat adegan kejar-kejaran antara Batman dan Joker yang diakhiri dengan truk kontainer terbalik. Ternyata, adegan tersebut dibuat tanpa CGI, di mana Nolan menaruh pelontar di belakang truk yang membuatnya terlempar dan terbalik.

Saat proses syuting, penduduk setempat sempat melaporkan hal kejadian truk terbalik tersebut karena mengira ada kecelakaan di lokasi syuting.

4. Inception (2010)

[Gambas:Youtube]


Inception adalah salah satu karya terbaik dari Christopher Nolan. Film bergenre fiksi ilmiah yang mengambil tema lucid dream ini sukses menggambarkan dunia mimpi dalam bentuk nyata. Dalam proses produksinya, Nolan tidak sepenuhnya menggunakan CGI lho!

Salah satunya adalah adegan saat pertarungan di sebuah koridor hotel. Para pemeran melayang dalam adegan tersebut seakan tanpa gravitasi. Faktanya, adegan tersebut dibuat dalam sebuah ruangan buatan yang bisa diputar 360°.

5. Interstellar (2014)

[Gambas:Youtube]


Christopher Nolan sepertinya alergi dalam membuat film yang menampilkan terlalu banyak efek CGI. Dalam film Interstellar, dia juga tidak banyak menggunakan efek CGI di dalamnya. Adegan tersebut adalah saat Cooper (Matthew McConaughey) terjebak di dalam ruang dan waktu.

Saat itu, Cooper terjebak dalam sebuah ruang seperti dalam rak buku. Faktanya, Nolan membuat latar tempat tersebut benar-benar menggunakan rak buku bertingkat dan tubuh sang aktor diikat dengan kawat tipis agar terlihat melayang tanpa gravitasi.

6. Mad Max: Fury Road (2015)

[Gambas:Youtube]

Dalam aksi kejar-kejaran dalam Mad Max: Fury Road, ada salah satu yang menarik perhatian, yaitu pertunjukan gitar api dari The Doof Warrior (Iota). Api tersebut terlihat nyata yang membuat aksi pengejaran semakin menegangkan.

Ternyata, api dalam adegan tersebut memang nyata. Gitar tersebut sudah dimodifikasi sedemikian rupa dengan menambahkan flamethrower yang bisa mengeluarkan api dari ujung gitar.

7. Mission Impossible: Ghost Protocol (2015)

[Gambas:Youtube]


Tom Cruise merupakan salah satu aktor yang sering melakukan adegan ekstrem tanpa pemeran pengganti. Hal ini telah banyak dilakukannya dalam waralaba Mission Impossible. Salah satu adegan ekstrem yang dilakukannya tanpa efek CGI adalah dalam film Mission Impossible: Ghost Protocol tahun 2015.

Saat itu, Tom Cruise berusaha masuk ke sebuah pesawat yang baru lepas landas. Adegan tersebut benar-benar dilakukan di atas pesawat yang lepas landas. Dengan pengaman yang ketat, akhirnya Tom Cruise berhasil melakukan adegan tersebut dengan tangan sendiri.

Itulah adegan-adegan keren yang dibuat tanpa menggunakan efek CGI. Film-film tersebut berhasil memberikan pengalaman visual yang ciamik dan terlihat sangat nyata dengan beberapa adegannya yang tidak memakai CGI. Mana adegan yang menjadi favorit kamu?

(aay/aay)