Matthew Broderick: Idola Gadis Remaja 80'an

Hafidjah Nuraulia - detikHot
Rabu, 15 Sep 2021 18:51 WIB
Matthew Broderick, aktor ternama 80an.
Matthew Broderick, idola gadis remaja 80'an. Dok. Ist
Jakarta -

Masih ingat dengan pemeran utama dalam Ferris Bueller's Day Off? Atau pengisi suara Simba dalam animasi The Lion King milik Disney? Ya, ia adalah Matthew Broderick, aktor Hollywood dan penyanyi terkenal Amerika pada era 80'an.

Pria yang memiliki nama lengkap Matthew John Broderick terkenal sejak perannya dalam Ferris Bueller's Day Off tahun 1986 masuk dalam nominasi Golden Globe. Broderick yang lahir pada 21 Maret 1962 di Manhattan, New York ini mendapatkan peran dalam film pertamanya yang ditulis oleh Neil Simon berjudul Max Dugan Returns tahun 1983.

Selain itu ia juga dikenal dalam film yang hits saat musim panas tahun 1983 silam, WarGames, dengan perannya sebagai David Lightman, seorang peretas remaja asal Seattle.

Kesempatannya itu berlanjut setelah ia memenangkan dua Tony Awards pada kategori Aktor Unggulan Terbaik dalam Bermain untuk Brighton Beach Memoirs (1983) dan Aktor Terbaik dalam Musikal (1995).

Broderick pun juga dikenal perannya sebagai pengisi suara dari peran Simba dewasa dalam animasi trilogi The Lion King produksi Disney, sejak tahun 1994 - 2004. Animasi ini menceritakan petualangan penerus takhta sang Raja Hutan yaitu, Simba anak Mufasa (James Earl Jones) untuk melawan pamannya bernama Scar (Jeremy Irons).

Matthew Broderick, aktor ternama 80'an.Matthew Broderick dan Mia Sara di Ferris Bueller's Day Off (1986). Foto: Dok. Ist

Simba kecil (Jonathan Taylor Thomas) diselamatkan oleh seekor meerkat bernama Timon dan Pumbaa yang merupakan babi hutan di sebuah gurun, setelah pertarungan sengit dengan pamannya hingga nyawa ayahnya hilang.

Seiring berjalannya waktu, Simba dewasa (Matthew Broderick) pun harus bekerja sama dengan kawanan lainnya untuk mencegah keberhasilan Scar dalam memperoleh posisinya sebagai pewaris Raja.

Tidak hanya sebagai pengisi suara dalam animasi fenomenal The Lion King, pria kelahiran 21 Maret 1962 ini juga pernah mendapat kesempatan mengisi suara dalam Bee Movie (2007).

Beragam film pernah dibintanginya seperti WarGames (1983), Glory (1989), The Freshman (1990), The Cable Guy (1996), Godzilla (1998), Election (1999) dan Inspector Gadget (1999).

Atas kontribusinya pada industry film, Broderick pun masuk dalam Hollywood Walk of Fame dengan bintang film yang terletak di 6801 Hollywood Boulevard.

Matthew Broderick, aktor ternama 80'an.Matthew Broderick di Daybreak. Foto: Dok. Ist

Namun perlahan ia mulai menghilang dan lebih aktif di serial televisi atau pun menjadi pengisi suara. Pada 2019 lalu ia pun kembali menjadi sorotan usai tampil dalam serial Netflix yakni Daybreak di mana ia berperan sebagai kepala sekolah bernama Michael Burr.



Simak Video "Menggila, Godzilla vs Kong Pecahkan Rekor di Masa Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/ass)