Mengingat Kembali Debut Robert Downey Jr. dalam Firstborn

Ahsan Nurrijal - detikHot
Rabu, 15 Sep 2021 16:39 WIB
Penampilan Robert Downey Jr di Firstborn
Penampilan Robert Downey Jr di Firstborn (1984). Dok. Ist
Jakarta -

Robert Downey Jr (RDJ) merupakan aktor yang lahir pada 4 April 1965 di Manhattan, New York, Amerika Serikat. Dia merupakan anak dari aktor sekaligus sutradara ternama di era 1960-an, Robert Downey Sr. Ayahnya dikenal sebagai sutradara yang kerap membuat film berisi sindiran-sindiran pada tren yang terjadi saat itu.

Sebagai anak dari seorang aktor sekaligus sutradara, Robert Downey Jr pun sudah tak asing dengan dunia sinema. Ia bahkan telah melakukan debut aktingnya sebagai figuran dalam film ayahnya yang berjudul Pound saat ia baru berusia 5 tahun.

Beranjak remaja, RDJ memutuskan memantapkan kariernya di dunia akting dengan menjadi cameo dalam beberapa film layar lebar seperti dalam Up the Academy (1980) dan Baby It's You (1983).

Hingga akhirnya pada tahun 1984, Robert Downey Jr. berhasil melakukan debut di layar lebar dalam porsi peran yang besar dalam film Firstborn. Dalam film tersebut, dia beradu akting dengan Teri Garr, Peter Waller, dan Christopher Collet.

Penampilan Robert Downey Jr di FirstbornPenampilan Robert Downey Jr (tengah) di Firstborn Foto: Dok. Ist

Film ini mengisahkan tentang seorang remaja bernama Jake (Christopher Collet) harus melindungi keluarganya dari pacar baru dari sang ibu yang merupakan seorang pengedar narkoba berbuat seenaknya di rumah mereka.

Dalam film ini, Robert Downey Jr. berperan sebagai teman dari Jake di sekolah bernama Lee. Dia merupakan seorang yang bertingkah slengean. Walaupun begitu, dia adalah seorang sahabat yang suportif bagi Jake.

Peran Robert Downey Jr. dalam film ini mendapatkan pujian dari para kritikus. Aktingnya terlihat natural dan ini menjadi akar dari karakter-karakter khas Robert Downey Jr. dalam peran-peran dalam film selanjutnya.

Menurut ulasan dari para kritikus yang berada dalam situs Rotten Tomatoes, hanya peran dari Teri Garr serta Robert Downey Jr. yang menjadi penyelamat dalam film yang hambar ini.

Pasca perannya dalam film Firstborn, dia akhirnya mulai menarik perhatian sineas-sineas ternama Hollywood dan menjadi langganan aktor utama dalam film-film besar seperti dalam Chaplin (1992), Sherlock Holmes (2009), hingga menjadi Iron Man dalam Marvel Cinematic Universe.



Simak Video "Asisten Robert Downey Jr Tewas Kecelakaan, Para 'Avengers' Berduka"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/ass)