Bombshell: Saat Bos Lecehkan Para Jurnalis Wanita

Ahsan Nurrijal - detikHot
Jumat, 10 Sep 2021 09:06 WIB
Film Bombshell
Bombshell, saat bos televisi lecehkan para jurnalis wanita. Dok. Lionsgate
Jakarta -

Melihat judul Bombshell, mungkin kamu berpikir film ini akan penuh aksi dan ledakan. Faktanya, film ini memang seperti judulnya, penuh aksi untuk mengungkap skandal sembari menahan ledakan gejolak dalam batin.

Film garapan Joy Roach ini melibatkan aktris-aktris besar Hollywood seperti Charlize Theron, Nicole Kidman, hingga Margot Robbie.Film ini mengadaptasi kisah nyata dari kasus pelecehan seksual yang terjadi pada para jurnalis wanita di Fox News oleh bos mereka sendiri, Roger Ailes.

Menurut kisahnya, Roger (John Lithgow) telah melakukan pelecehan seksual sejak 1960 ketika dia masih menjabat sebagai eksekutif produser dalam program acara The Mike Douglas Show.

Film BombshellFilm Bombshell Foto: Dok. Lionsgate

Lalu pada 2006, dia melakukan pelecehan seksual kepada reporter senior, Gretchen Carlos (Nicole Kidman). Roger menawarkan kenaikan gaji jika Gretchen mau berhubungan intim dengannya. Namun, Gretchen menolak ajakan tersebut dan memilih untuk diam setelahnya.

Setelah kontrak Gretchen bersama Fox News berakhir, dia mengajukan gugatan atas pelecehan seksual tersebut pada Juli 2016. Ternyata, Gretchen tidak satu-satunya yang mengalami hal tersebut.

Seorang pembawa berita bernama Megyn Kelly (Charlize Theron) juga pernah mengalami hal serupa. Melihat keberanian dari Gretchen, Kelly juga ikut berani untuk membongkar kasus-kasus pelecehan seksual lainnya yang dilakukan oleh Roger.

Pada akhirnya, Megyn berhasil mengumpulkan lebih dari 20 wanita yang mengalami pelecehan seksual oleh Roger. Mereka semua membuat Gerakan yang bernama MeToo. Melihat gugatan tersebut, Roger menganggapnya hanya sebagai fitnah belaka.

Film BombshellFilm Bombshell Foto: Dok. Lionsgate

MeToo melanjutkan perkara ini ke jalur hukum yang membuat Roger harus berhadapan dengan pengacara kawakan seperti Rudy Giuliani (Richard Kind) dan pemilik media Fox, Rupert Murdoch (Malcolm McDowell).

Lantas, berhasilkah para wanita tersebut menguak skandal pelecehan seksual dari Roger? Apa yang mereka lakukan demi mencapai keadilan? Jika kamu penasaran, kamu dapat menonton Bombshell dalam platform-platform streaming yang tersedia.

Seperti judulnya, film ini terlihat bombastis dan eksplosif pada bagian penyuntingan film. Progresi cerita terlihat begitu cepat karena harus merangkum setumpuk persoalan yang melibatkan begitu banyak nama di dalamnya.

Alhasil, potensi untuk menggali lebih dalam pada setiap karakternya seolah tenggelam akibat dari progress cerita yang cepat. Beberapa peristiwa gagal dipresentasikan dengan rapi dan banyak tokoh-tokoh datang dan pergi sehingga mudah untuk dilupakan.

Di samping kekuarangan tersebut, film ini mampu menyampaikan inti pesan dalam kisahnya. Film ini dapat berdampak besar pada dunia nyata untuk mendukung keberanian korban-korban pelecehan seksual untuk mengungkap kebusukan si pelaku.



Simak Video "Margot Robbie Pamit dari Sosmed Sementara Waktu"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/ass)