7 Film Biografi Musisi Terbaik: The Doors hingga Bohemian Rhapsody

Ahsan Nurrijal - detikHot
Selasa, 07 Sep 2021 19:33 WIB
Film biografi musisi jazz Ray Charles.
Rekomendasi deretan film biografi para musisi. Dok. Ist
Jakarta -

Hingga saat ini, sudah banyak film bertema biografi. Tema ini mengisahkan perjalanan hidup seseorang yang pada awalnya bukan siapa-siapa menjadi seseorang yang berpengaruh. Film dengan tema ini juga tak jarang mengisahkan perjalanan hidup seorang musisi.

Kisah perjalanan para musisi pastinya sangat menarik untuk diikuti karena dapat melihat bagaimana jatuh bangunnya musisi tersebut ketika awal karirnya. Hal tersebut pastinya akan menguras emosi karena banyak tantangan dan dilema yang dihadapi.

Lantas, apa saja film biografi perjalanan dari seorang musisi yang dapat menginspirasi? Jika kamu penasaran, yuk simak artikel detik berikut ini!

1. The Doors (1991)

Film biografi grup musik The Doors.Film biografi grup musik The Doors. Foto: Dok. Ist

The Doors yang rilis pada 1991 mengisahkan seorang pemimpin sekaligus komposer band rock yang terkenal di era 60-an, yaitu Jim Morrison. Val Kilmer menjadi aktor yang memerankan karakter Jim pada film tersebut.

Film ini berfokus pada kehidupan Jim sebagai mahasiswa di University of California, Los Angeles, hingga saat-saat kematiannya di Paris, Prancis, pada tahun 1971. Jim harus meninggal di usia yang masih sangat muda, yaitu 27 tahun.

2. Ray (2004)

Film biografi musisi jazz Ray Charles.Film biografi musisi jazz Ray Charles. Foto: Dok. Ist

Ray Charles merupakan musisi jazz legendaris berkulit hitam asal Amerika Serikat yang mengalami kebutaan. Kisah kehidupannya dirangkum dalam film yang berjudul Ray. Film tersebut rilis pada tahun 2004 lalu. Peran Ray dalam film tersebut jatuh pada tangan Jamie Foxx.

Kisah berfokus pada kehidupan Ray yang sejak kecil memiliki kemampuan bermain piano. Dia juga sering mengaransemen lagu sesuai dengan seleranya sendiri. Saat merintis karir sebagai musisi, banyak rintangan yang menghadangnya, terutama permasalahan tentang rasisme.

3. Walk The Line (2005)

Film biografi Johnny R Cash yang diperankan oleh Joaquin Phoenix.Film biografi Johnny R Cash yang diperankan oleh Joaquin Phoenix. Foto: Dok. Ist

Sebelum memerankan Joker dan memenangkan Oscar pada 2020, Joaquin Phoenix pernah terlibat dalam film biografi dari Johnny R, Cash, seorang legenda musik country. Dia memerankan tokoh tersebut dalam film Walk the Line dan mendapatkan banyak kritik positif dari para kritikus film.

Kisahnya berfokus pada perjuangan Johnny Cash yang berjuang mencapai puncak kesuksesan sebagai musisi paling terkenal di Amerika Serikat. Perjuangannya tidak mudah karena banyak polemic dan dilema saat dia harus memilih antara karir dan keluarga.

4. Marley (2012)

Film biografi tentang Bob Marley.Film biografi tentang Bob Marley. Foto: Dok. Ist

Siapa yang tidak tahu legenda musik reggae, Bob Marley. Dokumentasi kisah hidupnya ada dalam film berjudul Marley pada 2012 lalu. Film ini memperlihatkan sisi lain kehidupan Bob Marley yang tidak selalu berkaitan dengan reggae maupun marijuana.

Bob Marley merupakan sosok yang sederhana dan tidak suka menjadi seseorang yang disegani. Dia juga memiliki jiwa pekerja keras dan pejuang. Hal ini terlihat saat dia berlatih terus menerus hingga menemukan jenis musik yang asik dan santai di telinga, yaitu reggae.

5. Inside Llewyn Davis (2013)

Film Inside Llewyn Davis yang berkisah tentang musisi Llewyn Davis.Film Inside Llewyn Davis yang berkisah tentang musisi Llewyn Davis. Foto: Dok. Ist

Inside Llewyn Davis mengisahkan seorang musisi folk yang tengah merintis karir dari nol. Film yang berlatar pada tahun 1960-an tersebut memperlihatkan bagaimana perjuangan Llewin Davis yang jatuh bangun untuk memproduksi albumnya hingga harus hidup di jalanan.

Selain bernasib buruk dalam karirnya, dalam kehidupan sehari-hari juga dia kurang beruntung karena harus beberapa hari sekali dia harus pindah dari satu tempat ke tempat rumah temannya yang lain untuk menumpang hidup.

6. Amy (2015)

Film dokumenter bertajuk Amy yang bercerita tentang Amy Winehouse.Film dokumenter bertajuk Amy yang bercerita tentang Amy Winehouse. Foto: Dok. Ist

Amy Winehouse merupakan penyanyi asal Inggris yang tutup usia ketika menginjak 27 tahun. Untuk menghargai kontribusinya di dunia musik. Sutradara Asif Kapadia membuatkannya film yang rilis pada tahun 2015.

Amy terlibat dengan obat-obatan terlarang hinga depresi. Hal tersebut ternyata bermula akibat hubungan yang tidak sehat dengan keluarga, pasangan, hingga industri musik. Dalm film ini juga akan memperlihatkan bagaimana masa lalu kelam dari Amy dengan pasangannya yang membuatnya semakin tertekan.

7. Bohemian Rhapsody (2018)

Rami Malek sebagai Freddie Mercury di film 'Bohemian Rhapsody'.Rami Malek sebagai Freddie Mercury di film 'Bohemian Rhapsody'. Foto: Dok. Twentieth Century Fox Film Corporation

Bohemian Rhapsody merupakan film biografi musisi terlaris sepanjang masa. Film ini mengangkat kisah hidup Freddie Mercury sserta band legendarisnya, Queen. Puncak dari film ini adalah konser Live Aid di stadion Wembley pada 1985 yang begitu fenomenal hingga saat ini.

Film ini berjaya di ajang Oscar dengan memenangkan empat penghargaan, yaitu Film Editing Terbaik, Musik Terbaik, Musik Mixing Terbaik, hingga Aktor Utama Terbaik yang jatuh kepada Rami Males yang berperan sebagai Freddy Mercury.

Itulah 7 film biografi perjalanan musisi yang sangat menginspirasi, tak hanya memperlihatkan lika-liku kehidupan para musisi, dalam film tersebut kita juga akan dimanjakan dengan alunan-alunan musik legendaris dari para musisi tersebut. Mana yang jadi favoritmu?



Simak Video "Rekor Baru, Queen Raih Sertifikat Diamond RIAA"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/ass)