Mengingat Penampilan Perdana Jet Li Sebagai Bintang Utama

Shifa Nur Fadilla - detikHot
Senin, 06 Sep 2021 14:03 WIB
Penampilan Jet Li sebagai Wong Fei Hung di Once Upon a Time In China 2.
Film perdana Jet Li sebagai bintang utamanya. Dok. Ist
Jakarta -

Jet Li merupakan aktor laga senior yang mengawali kariernya dalam dunia perfilman melalui wushu. Jet Li yang sudah mempelajari bela diri sejak ia berusia delapan tahun membuatnya menjadi atlet wushu dan telah mendapatkan berbagai prestasi. Dari situ jugalah Jet Li memulai perjalanannya sebagai aktor laga.

Pada tahun 1980an di China sedang booming-boomingnya film kung fu. Pada tahun itu juga menjadi tahun pertama Jet Li turun dalam dunia perfilman. Shaolin Temple menjadi film pertama Jet Li di tahun 1982 di usianya yang menginjak 20 tahun. Hingga tahun-tahun berikutnya berbagai film dari Asia hingga Hollywood telah sukses ia perankan. Keahliannya dalam bela diri selalu berhasil mencuri perhatian penonton.

Bicara perihal Jet Li yang merupakan aktor laga senior selalu mengingatkan pada film-film era tahun 1990an. Pada tahun 1990an Jet Li telah membintangi berbagai film. beberapa film Jet Li yang rilis pada tahun 1990an diantaranya, Once Upon a Time in China menjadi film pertama Jet Li di tahun 90an.

Film ini dirilis pada tahun 1991. Meski telah memulai kariernya dalam film Shaolin Temple tetapi Once Upon a Time in China inilah film pertama Jet Li sebagai pemeran utama. Pada film ini Jet li berperan sebagai pahlawan rakyat China. Film inilah yang membuat nama Jet Li semakin dikenal dan menjadi sosok idola para pecinta bela diri.

Jet Li berperan sebagai Wong Fei-hung di film Once Upon a Time in China.Jet Li berperan sebagai Wong Fei-hung di film Once Upon a Time in China. Foto: Dok. Ist

Berikutnya adalah film Swordsman II yang dirilis pada tahun 1992. Pada film ini Jet Li berperan sebagai seorang pendekar senior yang berniat meninggalkan perguruannya yaitu Linghu Chong. Namun kehadiran kelompok Tong Fei Pu Pai membuatnya harus mengurungkan niat untuk mundur dari dunia silat. Ia terpaksa kembali bergelut menolong sahabatnya yang terancam bahaya. Swordsman II menjadi film terlaris di box office hongkong dan membuat Jet Li semakin dikenal dalam keahlian bela dirinya.

Masih pada film Jet Li pada era 90an, yang berikutnya adalah film The Legend. Film ini dirilis pada tahun 1993. Bercerita tentang Jet Li yang berperan sebagai Fong Sai Yuk jatuh cinta pada perempuan kaya raya. Kemudian ayah dari perempuan mengadakan sayembara untuk menikahi anaknya. Dalam film ini Fong Sai harus menempuh perjalanan panjang yang tidak mudah. Ia harus berhadapan dengan banyak lawan.

Itulah beberapa film di era 90an yang mengingatkan pada Jet Li sang ahli bela diri. Keahliannya dalam bela diri dan kemampuan aktingnya yang selalu menjadi perhatian penonton membuat daftar panjang film-film yang ia perankan di tahun-tahun selanjutnya.



Simak Video "Jet Li dan Sejumlah Artis Masuk Daftar Hitam Pemerintah China"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/ass)