Perjalanan Karier Li Lian Jie atau Jet Li Sang Ahli Bela Diri

Shifa Nur Fadilla - detikHot
Senin, 06 Sep 2021 13:04 WIB
Aktor laga senior asal Tiongkok, Jet Li, tiba di Indonesia dalam rangka menghadiri Kejuaraan Dunia Wushu 2015 di Jakarta, Jumat (13/11). Ia kemudian menghadiri acara Welcome Dinner Kejuaraan Dunia Wushu 2015 di Jakarta Convention Center. Rengga Sancaya/detikcom.
Perjalanan karier Jet Li. Rengga Sancaya/detikFoto
Jakarta -

Para penikmat film laga tentu sudah tak asing dengan nama Jet Li. Aktor laga senior asal China ini merupakan seorang atlet wushu yang sudah mempelajari ilmu bela diri sejak berusia delapan tahun.

Li Lian Jie atau yang biasa dikenal sebagai Jet Li laki-laki kelahiran Beijing, 26 April 1963 ini merupakan aktor laga senior yang mengawali kariernya dalam dunia perfilman melalui wushu. Jet Li yang sudah mempelajari bela diri sejak ia berusia delapan tahun membuatnya menjadi atlet wushu dan telah mendapatkan berbagai prestasi. Dari situ jugalah Jet Li memulai perjalanannya sebagai aktor laga.

Tahun 1980an di China sedang booming-boomingnya film kung fu. Pada tahun itu juga menjadi tahun pertama Jet Li turun dalam dunia perfilman. Shaolin Temple menjadi film pertama Jet Li di usianya yang menginjak 20 tahun. Film yang disutradarai oleh Chang Hsin Yen itu dibagi menjadi beberapa sekuel dengan Jet Li sebagai pemainnya.

Debutnya dalam film Shaolin Temple yang kemudian membawa Jet Li ke Hongkong untuk kembali bermain film. Pada akhir tahun 1980-an Jet Li terlibat dalam film seni bela diri. Once Upon a Time in China menjadi film berikutnya yang dibintangi Jet Li pada tahun 1991.

Ia berperan sebagai Wong Fei-hung, seorang pahlawan legendaris yang berperang melawan orang asing dalam kisah abad ke-19. Film yang populer ini memiliki dua sekuel. Film Once Upon a Time in China inilah yang membuat nama Jet Li semakin dikenal.

Tidak hanya sampai di Hong Kong, pada tahun 1998 Jet Li berangkat ke Los Angeles untuk berperan dalam film Lethal Weapon. Lethal Weapon menjadi film pertama Jet Li yang berbahasa Inggris. Dalam film tersebut ia berperan sebagai tokoh jahat bersama dengan Mel Gibson dan Danny Glover.

Jet Li berperan sebagai Wong Fei-hung di film Once Upon a Time in China.Jet Li berperan sebagai Wong Fei-hung di film Once Upon a Time in China. Foto: Dok. Ist

Jet Li saat itu harus pindah ke Los Angeles untuk film tersebut, di mana dia menjalani pelatihan bahasa intensif untuk mempersiapkan perannya sebagai bos kejahatan Tiongkok. Film aksi ini, terutama adegan-adegan yang diperankan Jet Li berhasil menarik banyak perhatian penonton.

Di tahun-tahun berikutnya Jet Li masih terus melanjutkan kariernya dalam dunia perfilman. Beberapa film yang pernah Jet Li bintangi diantaranya Romeo Must Die (2000), The One (2001), Kiss Of The Dragon (2001), Hero (2002), Cradle 2 The Grave (2003), Jet Li: Rise To Honor (2004), Unleashed (2005), Fearless (2006), Dan War (2007).

Pada tahun 2000 Jet Li juga sempat menolak tawaran film . Ia ditawari untuk bermain dalam film Crouching Tiger, Hidden Dragon dan The Matrix, tetapi ia menolak lantaran sudah berjanji untuk tidak bermain film saat istrinya sedang hamil.

Tahun 2007 Jet Li kembali ke China dan kembali bermain beberapa film seperti The Warlords (2007), The Forbidden Kingdom (2008), The Mummy: Tomb Of The Dragon Emperor, dan The Expendables (2009). Keahliannya dalam bela diri dan kemampuan aktingnya yang selalu menjadi perhatian penonton membuat daftar panjang film-film yang ia perankan di tahun-tahun selanjutnya.



Simak Video "Jet Li dan Sejumlah Artis Masuk Daftar Hitam Pemerintah China"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/ass)