7 Film Horor Adaptasi Novel Stephen King, Bikin Kamu Susah Tidur!

Ahsan Nurrijal - detikHot
Senin, 23 Agu 2021 19:23 WIB
Film Misery
Rekomendasi film horor yang diangkat dari novel Stephen King. Dok. Ist
Jakarta -

Stephen King merupakan novelis kelahiran tahun 1947 yang karya novelnya seringkali mendapatkan adaptasi film layar lebar. Sang novelis tersebut telah menulis lebih dari 50 novel yang sebagian besar dari karyanya sukses di pasaran baik sebagai novel maupun adaptasi film.

Mayoritas novel dari Stephen King memiliki genre horor. Lantas, apa saja film adaptasi novel Stephen King yang menjadi rekomendasi untuk kamu tonton? Jika kamu penasaran, yuk simak artikel detik berikut ini!

1. Carrie (1976)

Film CarrieFilm Carrie Foto: Dok. Ist

Carrie yang rilis pada 1976 merupakan film adaptasi pertama dari novel karya Stephen King. Brian De Palma memikul tanggung jawab untuk memvisualkan kata per kata yang ada dalam novel tersebut. Sissy Spacek yang berperan sebagai Carrie pun menanggung beban yang sama.

Film yang menceritakan tentang gadis remaja yang menjadi korban bullying di sekolahnya, yang ternyata hal tersebut membangkitkan kekuatan telekinesisnya yang berujung pada kekacauan saat pesta dansa.

2. The Shining (1980)

Film The ShinningFilm The Shinning Foto: Dok. Ist

Melihat kesuksesan Carrie di layar lebar, kali ini menjadi bagian novel The Shining yang mendapatkan adaptasi film. Dalam film yang rilis pada 1980 ini, Stanley Kubrick menjadi sutradaranya, dan aktor Jack Nicholson akan berperan sebagai Jack Torrance yang seorang penulis.

Mengisahkan tentang Jack yang terisolasi di sebuah hotel bernama Overlook bersama istri dan anaknya. Hotel tersebut ternyata banyak menyimpan aura supranatural yang perlahan mempengaruhi kewarasan dari Jack yang sebelumnya adalah seorang alkoholik.

3. The Dead Zone (1983)

Film The Dead ZoneFilm The Dead Zone Foto: Dok. Ist

Dengan hadirnya The Dead Zone pada 1983, maka telah lahir subgenre horor yang dinamakan body horror. Subgenre tersebut artinya film yang kerap menampilkan ketidaknyamanan pada fisik maupun psikologis ketika melihat kekerasan pada tubuh manusia.

Kisah dari film ini mengenai Johnny Smith yang baru sadar dari koma akibat kecelakaan lima tahun yang lalu. Saat ini, Johnny Smith memiliki kemampuan untuk melihat masa depan. Namun tak disangka, kemampuan tersebut malah menjadi sumber masalah baginya.

4. Misery (1990)

Film MiseryFilm Misery Foto: Dok. Ist

Misery mencetak sejarah bagi film dari buah adaptasi novel Stephen King. Pasalnya, berkat film tersebut, untuk pertama kalinya film dari novelnya mendapatkan penghargaan Oscar. Kathy Bates memenangkan penghargaan tersebut saat berperan sebagai Annie Wilkes.

Film ini menceritakan tentang seorang penulis yang bernama Paul Sheldon yang mengalami kecelakaan mobil dan diselamatkan oleh penggemar beratnya, Annie Wilkes. Alih-alih nyawanya selamat, Paul malah terjebak di tempat tersebut dan tersiksa oleh penggemar fanatiknya.

5. 1408 (2007)

Film MiseryFilm 1408 Foto: Dok. Ist

1408 merupakan film yang mengadaptasi cerita pendek dari Stephen King pada tahun 1999. Film yang memiliki genre horor psikologis ini mengisahkan seorang penulis yang sedang menginvestigasi salah satu kamar yang terkenal angker di salah satu hotel ternama.

Setelah menyewa kamar 1408 tersebut, sang penulis mengalami kejadian-kejadian yang tidak wajar dalam kamar tersebut. Dia seakan terjebak dalam kamar tersebut dan terus melihat kejadian yang membuat psikologinya terganggu.

6. IT (2017)

Film MiseryFilm It Foto: Dok. Ist

IT melahirkan karakter yang sangat ikonik dan berhasil memvisualkan badut mengerikan dari novel yang berjudul sama bernama Pennywise. Karakter tersebut sebenarnya pernah hadir dalam serial televisi pada 1990an, namun badut tersebut hadir kembali di layar lebar pada 2017.

Film ini bersetting di kota kecil bernama Derry. Kota tersebut mengalami kasus misterius saat musim panas karena sejumlah anak kecil hilang tanpa jejak. Misteri ini menghantui kota kecil tersebut, sampai sekelompok anak berani untuk menyelidiki kasus tersebut secara mandiri.

7. Doctor Sleep (2019)

Film MiseryFilm Doctor Sleep Foto: Dok. Ist

Kisah Danny Torrance dalam The Shining kembali berlanjut pada film Doctor Sleep yang rilis pada tahun 2019. Dia ining mengatasi traumanya di masa lalu, hingga dirinya bertemu dengan pemuda yang bernama Abra.

Tak disangka, Danny dan Abra diikuti oleh wanita bernama Rose. Bersama-sama, keduanya bahu-membahu untuk melawan wanita tersebut.

Itulah film horor hasil adaptasi novel Stephen King. Film-film tersebut berhasil menghadirkan kengerian sendiri bahkan dapat melahirkan ikon-ikon pop culture di dunia horor. Mana yang menjadi favorit kamu?



Simak Video "Cerita Colman Domingo Takut Banget Nonton Film 'Carrie'"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/ass)