5 Film Pendek Indonesia Paling Seram

Asep Syaifullah - detikHot
Jumat, 20 Agu 2021 08:25 WIB
Film pendek horor Indonesia.
Film pendek Indonesia terseram. Dok. Ist
Jakarta -

Horor merupakan salah satu genre utama yang memiliki banyak peminat di industri film. Beragam film horor pun pernah dibuat oleh sutradara lokal dan tak pernah membosankan untuk menyaksikannya.

Kita mungkin masih ingat betapa mengerikannya film Jailangkung hingga Perempuan Tanah Jahanam, namun bagaimana dengan film berdurasi pendek?

Berikut detikcom sajikan daftar film pendek Indonesia dari genre horor:

Yours Truly

Film pendek horor Indonesia.Film pendek horor Indonesia. Foto: Dok. Ist

Dirilis pada 2011, Yours Truly berhasil menjadi sebuah suguhan yang menarik dari genre horor. Film pendek berdurasi 14 menit karya Ian Salim dan Elvira Kusno itu menyuguhkan tema yang lumayan segar yakni psycho-horror.

Kisahnya, tentang seorang pengantar bunga bernama Todi yang sangat pendiam dan introvert. Temannya hanya tape recorder untuk merekam aktivitas dan pembicaraan.

Setelah menemui berbagai macam karakter orang yang diantarkan dengan bunga, Todi bertemu dengan Kayla, si cantik yang mirip bule. Hubungan keduanya pun berlanjut serius sampai Todi suatu saat memutuskan tak ingin melanjutkan hubungan itu.

Kayla tidak menerima dan mimpi buruk Todi pun dimulai.

Makmum

Film pendek horor Indonesia.Film pendek horor Indonesia. Foto: Dok. Ist

Sutradara asal Yogyakarta, Riza Pahlevi, sukses dengan film pendeknya yang bertajuk Makmum. Film yang ditayangkan di YouTube itu pun sempat menjadi viral dan disukai oleh banyak orang serta mendapatkan penghargaan di kancah internasional.

Film tersebut berkisah tentang seorang anak kost yang ditinggal oleh semua rekan-rekan kostan yang memilih pulang saat momen liburan.

Pada tengah malam ia pun berniat untuk beribadah, namun tiba-tiba ada sesosok makhluk lain yang mengikutinya di belakang atau menjadi makmum.

Grave Torture

Film pendek horor Indonesia.Film pendek horor Indonesia. Foto: Dok. Ist

Sutradara Joko Anwar sempat menyumbangkan karyanya dalam sebuah antologi bertajuk Silent Terror yang diproduseri oleh Justin Lin.

Ia memajang karyanya yang bertajuk Grave Torture. Berdurasi hampir delapan menit, film tanpa dialog itu pun berhasil menyuguhkan kengerian yang lekat dengan masyarakat Indonesia yakni siksa kubur.

Film tersebut mengisahkan tentang seorang anak laki-laki yang tak mau berpisah dari ayahnya yang telah tiada. Ia pun memutuskan untuk masuk ke dalam peti matinya.

Berbekal sebuah korek api, bocah itu pun menyaksikan kejadian seram yang menimpa sang ayah yang berprofesi sebagai pembunuh bayaran tersebut.

Titisan Naya

Film pendek horor Indonesia.Film pendek horor Indonesia. Foto: Dok. Ist

Titisan Naya tersebut merupakan bagian omnibus film Takut yang disutradarai dan ditulis oleh Riri Riza. Film tersebut menyuguhkan elemen unsur mistis khas jawa yang dikenal dengan kejawen yang pastinya bikin Anda merinding saat menyaksikannya.

Naya (diperankan oleh Dina Olivia) yang berasal dari keluarga yang erat dengan budaya Jawa itu harus menginap di rumah saudaranya yang tengah melaksanakan upacara cuci keris.

Bukannya mengikuti prosesi tersebut, ia malah merayu sepupunya, Leo (Junior Liem) untuk bermesraan dengannya. Namun saat mereka hendak berciuman lampu padam dan Leo pun menghilang.

Berbekal lampu ponselnya, Naya pun melihat begitu banyak penampakan dari makhluk halus dan juga leluhurnya itu.

Sebelum Tujuh Hari

Film pendek horor Indonesia.Film pendek horor Indonesia. Foto: Dok. Ist

Disutradarai oleh Ivan Padak Demon, Sebelum 7 Hari sukses menebar teror. Film itu berdurasi hampir 10 menit dan dibintangi oleh Yusuf Ozkan, Catherine Anastasia Roeroe, Widiarti, Lita Pudut, dan Pudji Sofiarni.

Film tersebut berkisah tentang sebuah keluarga yang baru saja dirundung duka usai sang nenek meninggal dunia.

Sebagai cucu, Bian dan Hanif yang tak dekat dengan sosok sang nenek itu, memutuskan untuk menginap di rumah sang nenek untuk menunggu pemakaman yang akan dilakukan keesokan harinya.

Namun, beragam kejadian aneh terjadi saat mereka menumpang tidur di kamar neneknya, Bian sadar bahwa arwah sang nenek masih berada di sekitar mereka malam itu.



Simak Video "Bintangi 'The Medium', Narilya Gulmongkolpech Turunkan Berat Badan 10 Kg"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/wes)