James Gunn Bongkar Beda Kerja di Marvel dan DC

Asep Syaifullah - detikHot
Jumat, 16 Jul 2021 07:30 WIB
HOLLYWOOD, CA - APRIL 19:  (EDITORS NOTE: Image has been shot in black and white. Color version not available.) Director James Gunn at The World Premiere of Marvel Studios? ?Guardians of the Galaxy Vol. 2.? at Dolby Theatre in Hollywood, CA April 19th, 2017  (Photo by Charley Gallay/Getty Images for Disney)
Foto: (Getty Images for Disney)
Jakarta -

Tak bisa dipungkiri jika Marvel dan DC menjadi poros utama di pasar film dalam genre khusus superhero di seluruh dunia.

Keduanya pun seolah memiliki ciri khas dan penonton tersendiri yang kerap berdebat di dunia maya tentang siapakah yang lebih baik.

Persandingan keduanya pun tak bisa terhindarkan di tiap perilisan film baru-baru mereka. Lantas bagaimana sih sebenarnya perbedaan nyata antara Marvel dan DC?

Hal tersebut baru bisa didapatkan jawabannya dari sutradara James Gunn. Ia adalah orang pertama yang pernah menyutradarai film dari keduanya, Marvel Cinematic Universe dan DC Extended Universe.

Dalam wawancaranya bersama The New York Times, Gunn mengungkapkan perbedaan besar saat bekerjasama dengan mereka.

Menurutnya DC lebih membebaskan dirinya dalam berkreasi sementara Marvel ikut terlibat dalam proses kreatif.

"Tak diragukan lagi jika Kevin Feige lebih terlibat dalam hal editing dibandingkan pihak Warner Bros," tutur James Gunn.

"Ia (Kevin Feige) memberikan banyak catatan. Kau tak diwajibkan untuk melakukan itu semua dan aku tak selalu melakukannya," tambahnya.

Menurutnya, ia sempat melakukan kesalahan saat pertama kali menggarap film Guardian of the Galaxy Vol 1 yang menjadi produksi terbesar pertamanya itu. James Gunn belajar apa yang sebaiknya dimasukan dan dibuang saat menggarap film.

Selain itu James Gunn pun berbicara tentang masa depannya bersama Marvel. Hingga saat ini Guardian of the Galaxy Vol 3 akan menjadi film terakhirnya dengan rumah produksi tersebut.

Ia lebih memilih untuk bekerjasama dengan DC, yang dianggapnya mementingkan visi dari sutradara dibandingkan koneksi antar film seperti yang jadi senjata andalan Marvel.

Meski begitu James Gunn pun tak menampik jika film-film DC tidak sestabil Marvel, kadang mereka menjadi sebuah hits, kadang pula gagal total di pasaran.

"Semesta Marvel selalu lebih kohesif, sementara DC selalu berjalan baik dengan film tunggalnya. Mereka punya The Dark Knight Returns dan The Killing Joke."

"Fakta bahwa mereka membuat Joker yang mana merupakan film dengan tipe yang sangat berbeda, bagiku itu sangat keren," pungkasnya.

James Gunn juga terlibat di Suicide Squad yang akan ditayangkan pada 6 Agustus di HBO Max dan bioskop.



Simak Video "Unboxing Box DC FanDome 2021, Isinya Epik Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/wes)