Youn Yuh-jung Ketika Menang Oscar: Kita Semua Adalah Pemenang

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Senin, 26 Apr 2021 09:15 WIB
Youn Yuh-Jung, nominated for an Academy Award for Actress in a Supporting Role for her performance in
Foto: AFP/CHRIS PIZZELLO
Jakarta -

Pembacaan para pemenang Academy Awards 2021 masih berlangsung. Kali ini, giliran kategori Best Actress in Supporting Role atau Aktris Pemeran Pembantu Terbaik yang dibacakan.

Brad Pitt menjadi aktor yang membacakan pemenang di kategori tersebut. Rupanya Youn Yuh-jung yang merupakan pemeran dari Minari yang berhasil membawa pulang piala Oscar dari kategori itu.

Youn Yuh-jung membacakan pidato kemenangan dengan jenaka. Di awal, ia bahkan mengatakan betapa gembiranya ia dapat bertemu Brad Pitt. "Brad Pitt, akhirnya, sangat menyenangkan bisa bertemu denganmu," katanya disambut tawa orang-orang yang hadir menyaksikan di ruangan itu.

"Aku berasal dari Korea, orang-orang sering mengeja namaku dengan salah, tapi malam ini aku memaafkannya," ujar dia.

Dirinya pun mengaku masih terkejut dengan kemenangan yang diraihnya. Dalam pidato kemenangannya, dia berterima kasih pada orang-orang yang telah terlibat dalam penggarapan film Minari, terutama pada para pemain di film itu.

"Untuk keluarga Minari yang luar biasa, kami telah menjadi layaknya keluarga sungguhan," ungkap dia. Tak lupa, ia memberikan ucapan terima kasihnya untuk sang sutradara, Lee Isaac Chung. "Tanpa dia, aku tidak akan ada di sini, dia adalah kapten dan juga sutradara," kata dia.

Sebuah pesan yang penuh kekuatan ia sampaikan dalam kesempatan itu. Youn Yuh-jung memanggil para aktris yang masuk nominasi dalam kategori yang sama dengannya dan memuji mereka.

Menurutnya, tidak ada yang menang dan kalah dalam ajang Oscar 2021. Sebab, para aktris dan aktor memerankan tokoh dalam film yang berbeda-beda.

"Aku tidak percaya dengan kompetisi. Kami adalah pemenang dari film yang berbeda, kami memerankan peran yang berbeda, bagaimana mungkin aku berkompetisi dengan mereka?"

Di akhir, dirinya pun mengucapkan terima kasih pada anaknya. "Kalian adalah alasan mengapa aku keluar dan bekerja. Ini adalah buah dari kerja kerasku itu," katanya.

Atas kemenangannya, Youn Yuh-jung unggul dari Amanda Seyfried (Mank), Olivia Colman (The Father), Maria Bakalova (Borat Subsequent Moviefilm), Glenn Close (Hillbilly Elegy).

Ajang penghargaan Academy Awards 2021 masih berlangsung dan bisa disaksikan di Disney+ Hotstar.



Simak Video "Yuh Jung Youn Merasa Terbebani Masuk Nominasi Oscar"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dal)