Ma Rainey's Black Bottom Raih 2 Oscar untuk Makeup dan Costume Design

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Senin, 26 Apr 2021 09:25 WIB
Mia Neal, nominated for Makeup and Hairstyling for Ma Raineys Black Bottom arrives at the Oscars on April 25, 2021, at Union Station in Los Angeles. (Photo by Chris Pizzello / POOL / AFP)
Mia Neal di karpet merah Oscar 2021. (Foto: AFP/CHRIS PIZZELLO)
Jakarta -

Penghargaan selanjutnya yang diberikan di gelaran Oscar hari ini Senin (26/4/2021) adalah Makeup and Hairstyling dan Costume Design. Ma Rainey's Black Bottom berhasil memenangkan dua kategori yang dibacakan berturut-turut ini.

Don Cheadle membacakan nominasi sekaligus mengumumkan pemenang. Sergio Lopez-Rivera, Mia Neal, dan Jamika Wilson naik panggung langsung buat menerima penghargaan Makeup and Hairstyling di Dolby Theater, Los Angeles.

Mia Neal mewakili dua rekannya untuk mengucapkan pidato kemenangan. Dalam momen tersebut, Mia Neal menyempatkan dirinya berterima kasih kepada para leluhur yang sudah memperjuangkan kesetaraan buat komunitas masyarakat kulit hitam.

Dia mengawali pidatonya dengan mengisahkan sang kakek yang sempat mengalami tindakan rasisme dalam hidupnya. Salah satunya adalah ketika sang kakek ditolak untuk menjadi guru karena sistem sekolah tidak mengizinkan untuk merekrut orang kulit hitam.

"Terima kasih kepada para leluhur yang tidak pernah putus asa. Aku di sini tidak akan menghancurkan perjuangan untuk masa depan yang lebih cerah di mana aku bisa melihat perempuan kulit hitam, Latina, Indigenous, dan satu hari semua ini akan jadi normal," kata Mia Neal.

Dia kemudian lanjut berterima kasih kepada The Academy, Netflix, dan juga Viola Davis yang hari ini hadir. Viola tampak terharu dengan kemenangan rekannya tersebut.

Ada insiden lucu ketika Mia Neal turun panggung. Dia sempat lupa membawa turun piala Oscar yang ada di mimbar. Insiden ini cukup mengundang tawa.

Penghargaan selanjutnya yang diberikan adalah Best Costume Design yang juga jatuh ke tangan Ma Rainey's Black Bottom yang dikepalai oleh Ann Roth. Sayangnya Ann Roth tidak bisa hadir malam ini untuk menerima piala sehingga diwakili oleh The Academy.

(aay/doc)