Web Series Berpotensi Jadi Jalan Lain Eksistensi Film di Tengah Pandemi

Pingkan Anggraini - detikHot
Minggu, 11 Apr 2021 14:38 WIB
Reza Rahadian saat ditemui di kawasan Senayan.
Reza Rahadian rasakan web series membantu industri film di tengah pandemi corona Foto: Haikal Harlan/detikcom
Jakarta -

Web series tengah menjadi salah satu wadah sineas Tanah Air menjalani kariernya di tengah pandemi COVID-19. Hal itu juga nampaknya turut dirasakan para aktor.

Reza Rahadian yang dikenal sebagai aktor ternama pun tak jarang didapuk membintangi web series saat ini. Jika sebelumnya Reza Rahadian hanya kerap terlihat di beberapa film Tanah Air, kali ini ia juga menjajaki web series.

Ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Reza Rahadian sedikit membahas potensi web series di pasar industri hiburan Indonesia. Salah satu proyek terbarunya bersama MD Pictures, Layangan Putus juga merupakan web series.

"Berpotensi. Artinya punya potensilah untuk kemudian menjadi baik," ujar Reza menjelaskan soal potensi web series membantu eksisnya seni peran di tengah pandemi.

Reza Rahadian menjelaskan ada beberapa faktor pendukung yang menyatakan web series layak bertahan di industri perfilman saat ini. Baginya, episode web series tidak terlalu panjang juga tak terlalu pendek.

Sebagai pekerja seni, Reza mengaku banyak persiapan yang dilakukan menjelang proses syuting web series. Tentunya bukan hal yang main-main dalam setiap penggarapan episodenya.

"Karena biasanya produksinya lebih dipikirkan, dan konsep ceritanya juga, dan konsep penayangannya tidak terlalu panjang," tutur Reza.

"Kami tuh biasanya sebelum kami syuting kami tuh sudah selesai episodenya. Jadi nggak ada istilah menunggu," tegasnya.

Selain itu Reza juga mencoba menjawab pengaruh pandemi COVID-19 dengan intensitas masyarakat menonton web series. Bagi Reza, hal itu mungkin terjadi karena pandemi mengubah banyak kebiasaan orang.

"Menurut saya pandemi ini kan mengubah banyak hal, bahkan yang biasanya dianggap normal. Jadi istilahnya ada kenormalan baru, jadi begitu pun dengan tontonan," ungkap Reza.

Meski begitu, web series rupanya menurut Reza masih belum dapat mengalahkan kegemaran publik menonton di bioskop. Bagi Reza Rahadian, bioskop memiliki daya tarik dan jual tersendiri.

Pengalaman yang diberikan bioskop tentunya tak dapat disamakan dengan web series. Bagi Reza, masing-masing memiliki nilai lebih dan kurangnya.

"Rasanya pengalaman menonton bioskop tidak akan dapat digantikan. Orang akan punya pengalaman yang berbeda nonton di layar lebar sama nonton di hp," jelas Reza.

"Pasti pengalaman nontonnya nggak mungkin sama. Itu menurut saya yang masing-masing punya kelebihannya sendiri-sendiri. Bahwa nonton web series bisa kapan saja," tutupnya.



Simak Video "Jadi Ketua Komite FFI, Reza Rahadian Ingin Perbaiki Sistem Penjurian"
[Gambas:Video 20detik]
(pig/pus)