Riz Ahmed, Wajah Muslim Pertama di Best Actor Oscar

Asep Syaifullah - detikHot
Rabu, 17 Mar 2021 17:53 WIB
LONDON, ENGLAND - DECEMBER 13:  (L-R) Mads Mikkelsen, Donnie Yen, Forest Whitaker, Ben Mendelsohn, Felicity Jones, Edith Bowman, Diego Luna, Riz Ahmed, Alan Tudyk, Gareth Edwards and Kathleen Kennedy attend the exclusive screening of  Lucasfilms highly anticipated, first-ever, standalone Star Wars adventure Rogue One: A Star Wars Story at the BFI IMAX on December 13, 2016 in London, England.  (Photo by Stuart C. Wilson/Getty Images for Disney)
Riz Ahmed masuk nominasi Best Actor Oscar / Foto: Stuart C. Wilson/Getty Images
Jakarta -

92 kali sudah Oscar atau Academy Awards digelar. Baru kali ke-93 ada perwakilan aktor muslim yang masuk dalam kategori Best Actor di ajang tersebut.

Riz Ahmed, aktor keturunan Pakistan tersebut diumumkan masuk dalam salah satu nominasi paling bergengsi di Oscar 2021 lewat penampilannya dalam film Sound of Metal.

Pria yang tumbuh besar di Wembley, Inggris, itu tak hanya menjadi wajah muslim pertama di ajang tersebut namun juga sebagai aktor pertama dari daerah kelahirannya tersebut yang berhasil menembus kategori Best Actor di Oscar.

Ia pun merasa bersyukur bisa masuk dan bersaing bersama para aktor-aktor top dunia di ajang tersebut. Apalagi jika hal itu turut membuat orang-orang bersuka cita.

"Mau kalian melihat aku sebagai pria Inggris-Pakistan pertama, atau aktor asal Wembley pertama, kalian tahu ada banyak cara untuk melihatnya. Namun jika itu memberikan kesempatan yang lebih pada orang-orang untuk merasa terkait dan andil dalam momen ini, maka itu seperti sebuah berkah," tuturnya pada the Hollywood Reporter.

"Itulah bagaimana kami melakukannya, melebarkan hati, melebarkan pikiran dan dalam proses pelebaran budaya," tambahnya.

Sound of MetalSound of Metal Foto: (Official Sound of Metal)

Menurutnya hal seperti itu perlu dilakukan agar tak ada lagi kotak-kotak yang membatasi seseorang dalam berkarya karena alasan asal-usulnya.

"Kita harus melebarkan budaya sebesar dan sejauh mungkin hingga akhirnya ada cukup ruang untuk kita semua untuk mencari jati diri di dalamnya, untuk merasa jika kita memilikinya dan kita termasuk di dalamnya serta kita juga penting," ungkapnya.

Dalam Sound of Metal, Riz Ahmed berperan sebagai Ruben, seorang drummer band heavy metal yang kehilangan pendengarannya. Ia pun berusaha untuk tetap berkarya di tengah kekurangannya dan menemukan jalan hidupnya lewat bantuan Joe (Paul Raci), veteran perang Vietnam yang juga kehilangan pendengarannya.

Sebelumnya juga ada aktor muslim yang berhasil meraih piala Oscar yakni Mahershala Ali. Ia berhasil memenangkan kategori Best Supporting Actor pada 2017 dan 2019 lewat penampilannya di Moonlight dan Green Book.



Simak Video "Digelar 25 April, Oscar 2021 Disiarkan Live dari Berbagai Lokasi"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/doc)