Sejarah Piala Golden Globe Berusia 75 Tahun

Devy Octafiani - detikHot
Rabu, 24 Feb 2021 10:10 WIB
BEVERLY HILLS, CA - JANUARY 06:  Winner for Best Original Song - Motion Picture for Shallow - A Star is Born Lady Gaga poses with the trophy in the press room during the 76th Annual Golden Globe Awards at The Beverly Hilton Hotel on January 6, 2019 in Beverly Hills, California.  (Photo by Kevin Winter/Getty Images)
Foto: Kevin Winter/Getty Images
Jakarta -

Kemeriahan ajang Golden Globe tak akan meriah tanpa persaingan memperebutkan piala. Piala tersebut diberikan kepada sineas dan karya film juga serial televisi yang diakui tiap tahunnya.

Trofi Golden Globe dibuat dan didesain khusus dalam pembuatannya. Desain bagaimana trofi tersebut terlihat dirembuk oleh anggota Asosiasi Pers Asing Hollywood atau Hollywood Foreign Press Association yang terdiri sebanyak 93 anggota dan terbentuk sejak 1945.

Golden Globe memiliki fitur bola dunia emas yang dikelilingi strip film yang melekat di atasnya. Rancangan piala Golden Globe untuk selamanya itu disetujui oleh Marina Cisternas yang merupakan presiden asosiasi Golden Globe di 1945.

Beberapa dekade setelahnya, trofi Golden Globe diperbarui dan melalui perbaikan di detail dan simetri bagian logamnya. Tak hanya itu, perbaikan juga dilakukan pada bagian luar piala dan detail bola dunia yang jadi bagian di piala tersebut. Selain itu, desain piala ini juga disempurnakan agar dapat tahan lama ketika disimpan.

Trofi Golden Globe tak sekadar simbol buatan yang terbuat dari besi. Trofi itu terbuat dari emas 24 karat yang melapisi salah satu bagiannya.

BEVERLY HILLS, CA - JANUARY 06:  The new 2009 Golden Globe statuettes are on display during an unveiling by the Hollywood Foreign Press Association at the Beverly Hilton Hotel on January 6, 2009 in Beverly Hills, California. The 66th annual Golden Globe Awards are scheduled for January 11.  (Photo by Frazer Harrison/Getty Images)BEVERLY HILLS, CA - JANUARY 06: The new 2009 Golden Globe statuettes are on display during an unveiling by the Hollywood Foreign Press Association at the Beverly Hilton Hotel on January 6, 2009 in Beverly Hills, California. The 66th annual Golden Globe Awards are scheduled for January 11. (Photo by Frazer Harrison/Getty Images) Foto: (Photo by Frazer Harrison/Getty Images)

Hingga kini desain trofi dengan simbol bola dunia yang dililit oleh strip film tidak berubah. Yang juga jadi highlight yakni marmer yang digunakan dan dibuat sebagai penyangga simbol bola dunia di trofi tersebut.

Tahun ini, piala Golden Globe akan kembali diperebutkan di ajang yang digelar pada 28 Februari 2021. Berbeda dari sebelumnya, para nominee dan tamu undangan disebut akan ambil bagian lewat video untuk turut melalui kemeriahan ajang tersebut.

Ada 42 nominasi yang sudah diumumkan Januari lalu. Netflix mendominasi nominasi salah satunya film Mank yang unggul dan bersaing di kategori film terbaik.

Serial The Crown dari Netflix juga menjadi unggulan di kategori serial televisi terbaik sepanjang tahun 2020.



Simak Video "Pidato Haru Istri Chadwick Boseman di Golden Globes 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/wes)