Fakta-fakta Cruella de Vil, Karakter Emma Stone dalam Film Terbaru Disney Cruella

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Jumat, 19 Feb 2021 13:38 WIB
Emma Stone sebagai Cruella
Fakta-fakta Cruella de Vil yang kini diperankan Emma Stone. Foto: (dok. Disney-Cruella)
Jakarta -

Anak 90-an yang sering nungguin film-film Natal di TV pasti pernah menyaksikan 101 Dalmatians. Selain Home Alone, film Disney ini sering diputar saat liburan Natal. Selain anjing-anjing totol hitam-putih dalam film, sosok yang paling menonjol adalah karakter villain-nya yaitu Cruella de Vil.

Cruella de Vil dalam film adaptasi live action 101 Dalmatians (1996) diperankan oleh Glenn Close. Sementara versi animasi yang dirilis tahun 1961 karakter Cruella de Vil disuarakan oleh Betty Lou Gerson.

Selain Ibu Tiri Cinderella, Ursula si Penyihir Laut di Little Mermaid, dan Maleficent di Sleeping Beauty, Cruella de Vil adalah salah satu karakter jahat dalam dunia Disney paling ikonik. Dalam deretan 100 Years... 100 Heroes & Villains yang dibuat American Film Institute tahun 2003, Cruella De Vil ada di urutan 39 dari 50 villain terbaik.

Cruella-De-VilCruella de Vil versi 101 Dalmatians (1961) Foto: Istimewa

Warna rambutnya yang khas, kegilaannya pada kulit anjing dalmatian, salah satu tangannya yang selalu memegang rokok, dan ambisinya di dunia fashion yang tidak terbendung adalah ciri khas dari Cruella de Vil. Baik Glenn Close dalam versi film live action dan Betty Lou Gerson sebagai pengisi suara versi animasi telah sukses membuat penonton membenci sosok Cruella.

Dalam film terbaru Disney, Cruella de Vil dihidupkan lagi dalam film yang difokuskan pada dirinya, bukan lagi anjing-anjing lucu yang jumlahnya 101 ekor (setidaknya itu yang terlihat dari trailer film Cruelle yang belum lama dirilis Disney). Meski tentu saja elemen anjing dalmatian tetap ada di film berjudul Cruella.

Emma Stone memerankan Cruella de Vil di film Disney CruellaEmma Stone memerankan Cruella de Vil di film Disney Cruella. Foto: dok. Disney

Kali ini Disney menggaet Emma Stone buat memerankan Cruella de Vil. Lewat Cruella, kita diajak menyelami lebih dalam kehidupan sosok bernama asli Estella yang hidup di London pada era tahun 1970-an. Apa saja hal-hal menarik dari film terbaru Disney Cruella dan sosok ikonik Cruella de Vil?

Simak fakta-faktanya berikut ini:

1. Karakter asli di novel

Cruella de Vil adalah karakter dari novel berjudul The Hundred and One Dalmatians. Dia dikisahkan sebagai keturunan orang kaya yang hidupnya selalu glamour dan tinggal di London. Warna rambutnya sebelah hitam, sebelah putih dan saat sekolah selalu dikepang. Dia pernah dikeluarkan dari sekolah karena minum tinta.

Di novel aslinya, Cruella de Vil awalnya tidak suka pada anjing-anjing dalmatian. Namun perlahan obsesinya buat menjadikan bulu-bulu anjing itu sebagai mantel muncul dan akhirnya mencuri anak-anak anjing dalmatian dari seluruh negeri.

2. Karakter fiksi terkaya versi Forbes

Forbes ternyata nggak cuma punya daftar orang terkaya di dunia nyata. Di tahun 2002, Forbes pernah menulis karakter fiksi terkaya dan Cruella de Vil yang makin populer berkat film animasi 101 Dalmatians terpilih sebagai villain terkaya nomor 13 dengan total kekayaan kala itu USD 875 juta.

3. Menikah dan tidak menikah

Di novel, Cruella de Vil diceritakan menikah dengan seorang pria penurut yang cenderung takut padanya. Namun di adaptasi animasi dan film Disney, Cruella diceritakan tetap single.

Emma Stone sebagai Cruella de VilEmma Stone sebagai Cruella de Vil Foto: Disney

4. Cruella de Vil versi Emma Stone

Dari trailer Cruella yang sudah dirilis, terasa sekali nuansa London di tahun 70-an. Emma Stone tampil sebagai Cruella dengan kesan Joker yang kental namun versi Disney. Ceritanya tidak berusaha membuat Cruella jadi ramah dan baik hati seperti Maleficent, tapi tetap dengan ambisinya di dunia fashion. Cruella bertemu dengan dua penjahat, Jasper dan Horace, dan mulai menjalani hidup di jalur kegelapan.

5. Punya suara tawa yang khas

Baik Cruella de Vil versi kartun, live action yang diperankan Glenn Close, hingga versi 2021 yang diperankan Emma Stone punya suara tawa yang khas. Suara tawa ini yang terus melekat pada Glenn Close bahkan setelah bertahun-tahun tidak memerankan Cruella lagi.

Emma Stone menampilkan suara tawa ala psikopatnya sebagai Cruella de Vil di trailer Cruella. Bahkan trailer ini dibuka oleh suara tawa mengerikan itu.

Emma Stone memerankan Cruella de Vil di film Disney CruellaGlenn Close ketika memerankan Cruella de Vil di film 101 Dalmatians. Foto: dok. Disney

6. Karakter dari film 101 Dalmatians di Cruella

Anita dan Roger, pemilik anjing dalmatian bernama Pongo dan Perdita akan tampil dalam Cruella. Dilihat dari laman IMDb film Cruella, Anita akan diperankan oleh Emily Beecham. Sementara karakter Roger sempat ditawarkan buat Dev Patel.

Beberapa anjing dalmatian juga muncul di trailer Cruella. Namun sepertinya disini perkenalan dan obsesi Cruella pada Pongo dan Perdita masih belum muncul mengingat kisah di film Cruella berjarak cukup jauh dengan 101 Dalmatians.

Dalmatian di CruellaBeberapa anjing dalmatian di Cruella Foto: dok. Disney
(aay/wes)