5 Fakta Film Sobat Ambyar yang Tayang Hari Ini

Devy Octafiani - detikHot
Kamis, 14 Jan 2021 15:05 WIB
Film Sobat Ambyar
Film Sobat Ambyar tayang di Netflix / Foto: Dok. Instagram
Jakarta -

Sebelum meninggal dunia, Didi Kempot sempat ambil bagian dalam produksi film berjudul Sobat Ambyar. Film tersebut tayang mulai hari ini di Netflix.

Sobat Ambyar menjadi film pertama dan terakhir yang dibintangi Didi Kempot. Disutradarai oleh Charles Gozali dan Bagus Bramanti, Sobat Ambyar menceritakan drama patah hati yang dialami tokohnya bernama jatmiko.

Charles Gozali dan Bagus Bramanti menyelipkan karya-karya Didi Kempot sang musisi Campursari dalam cerita film ini. Termasuk menyelipkan lagu-lagu patah hati milik sang maestro.

Ada lima fakta menarik di balik film Sobat Ambyar. Tak hanya membintangi, Sobat Ambyar juga diproduseri oleh Didi Kempot. Berikut fakta-faktanya:

1. Inspirasi sang sutradara

Sutradara Bagus Bramanti dan Charles Gozali mengaku bahwa inspirasi mereka datang dari fenomena Didi Kempot dan sobat ambyar. Sebagai penggemar Didi Kempot sejak lama, keduanya melihat hal yang unik di mana anak-anak muda zaman sekarang dapat menggemari seorang maestro campursari. Bagus menjelaskan lebih lanjut mengenai bagaimana ide film ini akhirnya tercipta.

Dia mendengar ungkapan 'patah hati dijogeti' yang dilontarkan Didi Kempot dalam sebuah video di Youtube dan tertarik untuk menerjemahkan hal ini sebagai sebuah film. Timnya pun melakukan sebuah FGD (Forum Group Discussion) bersama beberapa penggemar Didi Kempot, di mana cerita-cerita peserta akhirnya dirangkum dan dijadikan sebuah skenario.

"Kami sangat menghormati keberadaan Mas Didi dan sobat ambyar, dan kami mencoba menangkap semangat mereka," ujar Bagus.

Film Sobat AmbyarFilm Sobat Ambyar Foto: Dok. Instagram

2. Warisan sang maestro

Kepergian Didi Kempot yang mendadak tahun lalu meninggalkan duka yang mendalam bagi para kru dan pemain Sobat Ambyar. Sutradara Charles Gozali berkomentar mengenai sebuah rasa tanggung jawab yang dipikulnya dalam berupaya menjaga warisan Didi Kempot.

Charles ingin membawa energi dan semangat yang besar ke dalam film ini agar tidak menyia-nyiakan kepercayaan yang diberikan oleh beliau. "Semoga hari ini dan ke depannya Mas Didi bisa tersenyum dari surga melihat apa yang sudah kami coba persembahkan bagi beliau, masyarakat, dan sobat ambyar."

Hal ini ini juga disetujui oleh Bagus Bramanti yang menambahkan, "Kami tidak pernah membayangkan bisa bekerja dengan Mas Didi. Sebuah kehormatan sekaligus tanggung jawab besar untuk menjadi pihak pertama dan terakhir yang menerjemahkan siapa karakter Mas Didi dalam dunia sinematik."

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Penggemar di Solo Peringati Setahun Wafatnya Didi Kempot"
[Gambas:Video 20detik]