detikHot

celeb

7 Fakta Didi Kempot Si 'Godfather of Broken Heart'

Senin, 22 Jul 2019 13:00 WIB Virgina Maulita Putri - detikHot
7 Fakta Didi Kempot Si Godfather of Broken Heart Foto: Eko Susanto/detikcom 7 Fakta Didi Kempot Si 'Godfather of Broken Heart' Foto: Eko Susanto/detikcom
Jakarta - Penyanyi campursari Didi Kempot baru saja tampil di acara Ngobrol Bareng Musisi (Ngobam) yang diadakan oleh penyiar dan YouTuber Gofar Hilman. Acara ini diadakan secara off-air di sebuah kafe di Solo, Jawa Tengah dan dihadiri oleh banyak penggemar Didi Kempot.

Begitu acara ini diunggah di YouTube, nama Didi Kempot pun sempat melejit di trending topic Twitter dan juga Google. Walau namanya sudah tidak asing, tapi mungkin banyak yang belum mengetahui sosok Didi Kempot yang sebenarnya.



Berikut adalah tujuh fakta tentang Didi Kempot yang dirangkum detikHot dari berbagai sumber.

1. Berusia 52 Tahun

Didi Kempot lahir dengan nama Didi Prasetyo di Surakarta, Jawa Tengah pada tanggal 31 Desember 1966 atau 52 tahun yang lalu. Ia adalah putra dari pelawak terkenal asal Solo Ranto Edi Gudel.

Didi Kempot merupakan adik kandung dari pelawak senior dari grup Srimulat, Mamiek Prakoso yang meninggal dunia karena penyakit liver pada 3 Agustus 2014.

2. Mengawali Karir Sebagai Pengamen

Didi Kempot tidak langsung memulai karirnya sebagai artis rekaman. Ia mengawali karirnya sebagai seorang musisi jalanan atau pengamen di kota Solo pada tahun 1984.

Beberapa tahun kemudian, ia pun mencoba peruntungannya di Jakarta. Saat itu ia pernah mengamen di kawasan Bunderan Slipi.

3. Populer karena Lagu Stasiun Balapan

Stasiun Balapan mungkin merupakan salah satu lagu Didi yang paling populer. Lagu ini ia ciptakan saat masih mengamen di stasiun terbesar di kota Solo tersebut.

Lagu-lagu Didi memang banyak yang mencatut nama-nama daerah di Jawa Tengah, seperti Pasar Klewer, Parangtritis, Malioboro, Terminal Tirtonadi, dan masih banyak lagi.



4. Dijuluki 'Godfather of Broken Heart'

Didi menyandang julukan 'Godfather of Broken Heart' atau Bapak Patah Hati. Pasalnya, tema dari lirik lagu yang diciptakannya selalu berkaitan dengan patah hati. Bahkan, penggemarnya pun disebut sebagai sad boy dan sad girl.

5. Asal-usul Nama Kempot

Saat menjadi artis rekaman, Didi pun mengusung nama panggung Didi Kempot. Banyak yang mengira nama tersebut mengacu pada lesung pipi yang biasa disebut kempot.

Nyatanya, Kempot merupakan singkatan dari Kelompok Pengamen Trotoar, sebuah grup pengamen asal Solo yang membawa Didi untuk hijrah ke Jakarta.

6. Populer di Suriname

Didi ternyata sempat menjadi penyanyi paling populer di Suriname. Negara di Amerika Selatan ini memang memiliki populasi Jawa yang cukup besar yakni 15%.

Nama Didi mulai populer di Suriname pada tahun 1980-an. Bahkan, namanya tidak hanya populer di komunitas Jawa di Suriname, tapi juga di kalangan masyarakat Suriname yang menggemari musik keroncong dan campursari.

7. Jadi Duta Kereta Api

Pada tahun 2017, Didi Kempot didapuk sebagai Duta Kereta Api oleh PT Kereta Api Indonesia. Mengingat namanya dikenal karena lagu Stasiun Balapan, tentu ini bukan berita mengejutkan. Didi ditunjuk untuk membantu mensosialisasikan produk, layanan serta kebijakan PT KAI.


Simak Video "Kunci Didi Kempot Tetap Eksis Setelah 32 Tahun Berkarya"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/lus)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com