Soal Home Alone yang Bukan Lagi Film dengan Rekor Penjualan Terbesar

Dicky Ardian - detikHot
Minggu, 27 Des 2020 08:40 WIB
Home Alone
Foto: Home Alone (dok. IMDB)
Jakarta -

Berapa kali kamu menyaksikan Home Alone seumur hidup? Dua atau lebih dari lima kali?

Ya, selama hampir tiga dekade, Home Alone adalah film yang paling sukses. Setidaknya kesuksesan itu diraih oleh film ini melalui penjualan tiket bioskop yang begitu tinggi.

Home Alone mencatatkan rekor penjualan hingga USD 285,7 juta. Rekor itu bertahan selama 27 tahun lamanya.

Namun rekor itu harus diikhlaskan Home Alone. Dilansir dari CNNIndonesia.com, film ini sudah tidak lagi menjadi yang paling laris di dunia karena dikalahkan oleh film asal China, Never Say Die, pada 2017.

Film tersebut mampu menyalip rekor Home Alone hanya dalam waktu 16 hari. Never Say Die mampu memeroleh pendapatan hingga USD 286 juta.

Hasil tersebut langsung membuat heboh industri film saat itu. Perlu diingat, Home Alone mampu memecahkan rekor itu dengan penantian selama 12 pekan.

Home Alone berada di bioskop selama 200 hari, mulai dari November 1990 hingga Juni 1991. Bukan cuma itu, pada tahun selanjutnya film tersebut juga masih meraup pendapatan hingga USD 173 juta.

Menurut Rob Cain dalam sebuah tulisan di Forbes, sebenarnya Home Alone masih belum terkalahkan dari Never Say Die. Pasalnya ada angka inflasi yang seharusnya juga dihitung.

"Jika kita menyesuaikan pendapat Home Alone USD 285 juta pada 1990 dengan inflasi, angka sebenarnya bisa mencapai USD 520 juta pada 2017," tulis Cain.

Meski begitu, pencapaian Never Say Die terbilang begitu cepat. Film itu masih punya banyak waktu untuk mungkin saja benar-benar menyalip Home Alone.

"Namun tetap saja, Never Say Die tak memerlukan waktu 200 hari seperti Home Alone untuk mencapai posisi puncak. Never Say Die hanya butuh 17 hari dengan banyak waktu tersisa untuk meningkatkan rekornya," kata Rob Cain.

Selama 27 tahun, Home Alone bukan tanpa lawan. Film yang dibintangi Macaulay Culkin tersebut juga hampir digeser dari puncak oleh Meet the Fockers dengan pendapatan USD 279 juta pada 2004, juga The Hangover dengan USD 277 juta pada 2009.



Simak Video "Tentang Macaulay Culkin yang Berulang Tahun Ke-40"
[Gambas:Video 20detik]
(dar/dal)