Baskara Mahendra Gantikan Mathias Muchus di Losmen Bu Broto

Febriyantino Nur Pratama - detikHot
Senin, 14 Des 2020 11:45 WIB
Jumpa Pers Film Losmen Bu Broto
Losmen Bu Broto. Foto: Febriyantino/ detikHOT
Jakarta -

Aktor senior Mathias Muchus kembali berakting di layar lebar. Kali ini, dia terlibat dalam film Losmen Bu Broto yang diangkat dari serial Losmen di TVRI pada era 1980-an. Mathias Muchus dulu juga terlibat dalam serialnya.

Ketika itu Mathias Muchus memerankan sosok Tarjo di serialnya. Namun, berbeda dengan perannya dulu, kali ini, dia memerankan tokoh Pak Broto.

Kembali berakting dalam judul yang sama, Mathias Muchus merasa seperti bernostalgia ke masa 30 tahun lalu. Dia pun mengaku tersentuh.

"Jujur, saya seperti ke masa keluarga Losmen yang dahulu. Kayak kembali ke-30 tahun yang lalu, tersentuh secara batin," ujar Mathias Muchus di konferensi pers daring, Minggu (13/12/2020).

"Di era 2020 ini, saya merasa kembali hidup," lanjut dia.

Tidak hanya itu, Mathias Muchus juga masih merasakan kehangatan keluarga dalam kisah Losmen yang baru tersebut. Sehingga dia mudah menyampaikan energi ke pemain baru seperti Baskara Mahendra yang kini memerankan tokoh yang dulu ia lakoni, Tarjo.

"Beruntungnya buat saya, kehidupan sekarang pada era itu masih di dalam saya, masih hangatlah. Sampai sekarang saya berhubungan dekat dengan personel Losmen dulu, kami seperti keluarga dulu," kata Mathias Muchus.

Di sisi lain, Baskara mengaku banyak berdiskusi dengan Mathias Muchus mengenai karakternya. Menang baginya sosok Tarjo di serial terdahulu berbeda dengan pemuda di 2020.

"Tarjo ini mewakili anak muda, jadi penonton itu (merasa), 'Tarjo gue banget'. Itu dibahas, 'Anak Jogja bandelnya kayak apa ya?', karena nggak gampang untuk memperlihatkan bandel di tahun 1980 dan 2021 nanti," kata Baskara Mahendra.

"Akhirnya juga ngobrol sama om Muchus kenapa dulu memainkannya seperti itu. Jadi ya proses diskusi yang lumayan panjang, harus ada Tarjonya juga yang seperti dulu," tambahnya.

Mathias Muchus juga mengatakan susunan film ini sangat ideal karena di versi saat ini banyak melibatkan pemain baru, sebut saja Maudy Ayunda, Danilla Riyadi sampai Putri Marino.

"Susunan pemain ini menurut saya yang paling ideal. Baik secara fisik maupun secara karakter. Kualitas akting mereka saya kira sangat kuat. Dari beberapa kali saat kita melakukan reading sudah terbangun nuansa, rasa dan emosi, berjalan sangat harmonis," ujar Mathias.

Losmen Bu Broto merupakan re-boot dari serial legendaris, Losmen, yang dulu dibintangi oleh Mieke Wijaya, Mang Udel, Sutopo H.S., Mathias Muchus, Ida Leman, Eeng Saptahadi dan Dewi Yull.

Serial yang diciptakan oleh Tatiek Maliyati dan Wahyu Sihombing itu sangat populer pada masa 1980-an. Menjadi cikal bakal industri sinetron drama di Indonesia.

Untuk saat ini film yang diproduksi oleh Ideosource Entertainment dan Paragon Pictures akan segera melakukan proses syuting. Film tersebut melibatkan Maudy Koesnaedy, Danilla Riyadi, Marthino Lio, Kenes Andhari, hingga Eric Estrada.



Simak Video "Main di 'Losmen Bu Broto', Mathias Muchus Throwback 20 Tahun Lalu"
[Gambas:Video 20detik]
(fbr/srs)