Film The Science of Fictions Tayang di Bioskop Hari Ini

Devy Octafiani - detikHot
Kamis, 10 Des 2020 12:39 WIB
The Science of Fictions
Foto: The Science of Fictions
Jakarta -

Bioskop kehadiran film baru. Karya Yosep Anggi Noen yaitu The Science of Fictions tayang di bioskop hari ini.

The Science of Fictions atau Hiruk Pikuk Si Alkisah merupakan film Yosep Anggi Noen selanjutnya setelah Vakansi Janggal dan Istirahatlah Kata-kata. Dalam The Science of Fictions, sang sutradara membawa cerita tentang astronot.

Ia menggaet aktor teater Gunawan Maryanto memerankan tokoh bernama Siman, pria yang menyaksikan pembuatan film tentang pendaratan manusia ke bulan. Siman menyaksikannya di pantai Parangtritis di mana film itu dibuat.

Sial bagi Siman, ia ketahuan dan lidahnya dipotong. Sejak itu kehidupan Siman berubah lambat seperti astronot di luar angkasa. Penduduk desa pun menganggap Siman gila.

The Science of Fictions tayang di 21 kota di Indonesia di jaringan bioskop XXI termasuk Jakarta. Sebelum dirilis di bioskop Tanah Air, film ini mencuri perhatian di beberapa festival film internasional.

Menang Special Mention Award di Locarno International Film Festival, film ini juga tayang di Busan International Film Festival.

Proyek film The Science of Fictions dikembangkan sejak 2014. Proyek film ini adalah satu dari dua puluh tujuh film yang ditetapkan sebagai pemenang pada tiga kategori berbeda-beda, yaitu Script Development Fund, Post-Production Fund dan Asian Network of Documentary Fund. Proses seleksi pemenangnya sendiri diakui dewan juri sangat berat karena total peserta yang mencapai 438 proyek film.

Sukses tayang di berbagai festival di luar negeri, film ini juga bersinar di ajang Festival Film Indonesia tahun ini. The Science of Fictions masuk dalam 10 nominasi FFI.

Salah satunya dimenangkan Gunawan Maryanto yang didapuk sebagai aktor terbaik tahun ini.



Simak Video "Asmara Abigail Temukan Tantangan Main di Film 'The Science of Fictions'"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/pus)