Oscar Mundur ke April 2021, Optimis Hadapi Pandemi

Devy Octafiani - detikHot
Rabu, 02 Des 2020 17:38 WIB
Piala Oscar
Oscar / Foto: (Getty Images)
Jakarta -

Ajang penghargaan Academy Awards atau Oscar mengambil keputusan untuk menggelar acara. Ajang ini memundurkan gelaran pada April 2021.

Oscar selama ini rutin digelar setiap tahunnya di antara bulan Januari sampai Maret. Mereka berharap terus membuat acara tersebut di tengah pandemi Corona, sebagai ritual tahunan pesta perfilman.

Ritual itu yakni digelar secara langsung dan bukan diselenggarakan secara virtual. Salah seorang perwakilan Academy Awards menyampaikan hal ini seperti dilansir dari Variety.

Academy of Motion Arts and Science pun memindahkan acara tahunan ini pada 25 April 2021. Sumber di dalam Oscar mengatakan bahwa dengan menunda upacara penghargaan, Academy of Motion Arts and Science berharap bioskop akan dibuka kembali di musim semi, sehingga memungkinkan lebih banyak film untuk bersaing dalam perayaan tahunan film terbesar tersebut.

Pihak Academy sudah merencanakan beberapa skenario gelaran penghargaan ini bahkan bila bioskop tak sepenuhnya kembali memutar film hingga musim semi tahun depan. Academy tetap berfokus pada upaya penyelenggaraan Oscar secara langsung dari gedung pertunjukan Dolby Theater.

"Academy telah datang langsung ke Dolby Theater dan mereka mempertimbangkan sejumlah pilihan untuk diputuskan dalam penyelenggaraan Oscar," ucap seorang sumber.

Sejak Maret, pandemi melumpuhkan banyak bidang termasuk industri perfilman. Bioskop pun terkena imbasnya sehingga berhenti beroperasional.

Di Indonesia sendiri, bioskop sudah mulai buka kembali meski begitu film-film yang diputar adalah film-film yang sebelumnya sudah tayang.

Acara penghargaan yang diputuskan digelar secara virtual adalah Emmy Awards. Setelah itu ada empat acara penghargaan lain jelang Oscar di antaranya Golden Globes, Critics Choice, SAG Awards dan BAFTA.

Seperti Oscar, Golden Globe dikabarkan akan menggelar ajang penghargaan mereka secara langsung. Tina Fey dan Amy Poehler sudah ditunjuk sebagai pemandu acaranya.

Golden Globe akan disiarkan langsung dari The Beverly Hilton di Beverly Hills pada Februari 2021.



Simak Video "Oscar 2020 Disambut Hujan Deras"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/nu2)