Dave Prowse Pemeran Darth Vader Meninggal Dunia

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Senin, 30 Nov 2020 09:06 WIB
MADRID, SPAIN - NOVEMBER 18:  Actor David Prowse attends the I Am Your Father photocall at the Verdi cinema on November 18, 2015 in Madrid, Spain.  (Photo by Carlos Alvarez/Getty Images)
Pemeran Darth Vader, Dave Prowse, meninggal dunia. Foto: Getty Images/Carlos Alvarez
Jakarta -

Aktor Dave Prowse yang dikenal lewat perannya sebagai Darth Vader dalam trilogi pertama Star Wars meninggal dunia di usia 85 tahun. Kabar itu telah dikonfirmasi oleh agennya, Thomas Bowington.

"Dengan sangat menyesal dan hati yang penuh duka untuk kita semua dan jutaan penggemar di seluruh dunia, kami mengumumkan, klien kami, Dave Prowse MBE meninggal dunia di usia 85 tahun," ujar Bowington dikutip dari The Guardian, Senin (30/11/2020).

Selain Thomas Bowington, produser acara yang pernah bekerja bersama Dave Prowse, Jason Joiner, juga menuliskan kenangannya bersama mendiang di akun Facebook miliknya.

"Dave selalu berdedikasi untuk bertemu penggemar selama beberapa dekade dan banyak penggemar yang telah bertemu Dave di masa-masa awal Comic Cons dan acara kolator. Dave lebih besar dari kehidupan dan dia akan sangat dirindukan. Cinta dan pikiran kami tertuju pada keluarganya," tulis dia.

Dave Prowse adalah mantan binaragawan yang kerap memerankan tokoh monster dan penjahat dalam film. Sebelum benar-benar bergabung dalam Star Wars, dia diundang oleh George Lucas yang merupakan pembuat Saga legendaris itu dan ditawari audisi untuk peran Darth Vader dan Chewbacca.

Ketika memilih Darth Vader, Dave Prowse memiliki alasan tersendiri. "Semua orang akan selalu ingat tokoh penjahatnya," ucap dia.

Lahir di Bristol pada 1935, ia mengawali kariernya sebagai binaragawan dan pelatih olahraga pembentukan tubuh.

Tercatat film pertama Dave Prowse adalah Casino Royale (1967). Dalam film itu ia memerankan monster dari Frankenstein. Dia juga terlibat dalam pembuatan A Clockwork Orange dan menjadi personal trainer bagi Christopher Reeve dalam perannya sebagai Superman di 1978.

Meski dirinya memperoleh ketenaran lewat Star Wars, tetapi Prowse pernah mengatakan pekerjaan yang paling ia senangi adalah ketika menjadi Green Cross Man dalam kampanye keselamatan di Inggris.

Bergabungnya ia dalam kampanye itu juga yang membuatnya dianugerahi gelar MBE pada 2000.

English actor Dave Prowse as the Green Cross Man for a road safety campaign aimed at children and promoting 'The Green Cross Code', 1977.  (Photo by Evening Standard/Hulton Archive/Getty Images)Dave Prowse dalam kampanye Green Cross Man. (Photo by Evening Standard/Hulton Archive/Getty Images) Foto: Getty Images/Evening Standard

"Banyak orang mengenangku sebagai penjahat terkenal di Star Wars, Darth Vader. Tapi menjadi orang baik dan bergabung dalam kampanye Green Cross Code dan menyelamatkan banyak orang adalah hal yang membuatku merasa terhormat," tulis dia dalam kolom di The Guardian.



Simak Video "Pemeran Darth Vader David Prowse Tutup Usia"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)