Mengenang Maradona di Film Dokumenter

Devy Octafiani - detikHot
Kamis, 26 Nov 2020 12:03 WIB
BUENOS AIRES, ARGENTINA - NOVEMBER 25: Fans mourn Diego Maradona at Argentinos Juniors Diego Maradona Stadium on November 25, 2020 in Buenos Aires, Argentina. Diego Maradona, considered one of the biggest football stars in history, died at 60 from a heart attack on Wednesday in Buenos Aires. (Photo by Fernando de Dios/Getty Images)
Diego Maradona dikenang lewat film dokumenter / Foto: Getty Images/Fernando de Dios
Jakarta -

Legenda sepakbola Diego Maradona meninggal dunia di usia 60 tahun. Ia meninggal setelah mengalami masalah jantung.

Kepiawaiannya di lapangan hijau dengan sejumlah gol-golnya yang terkenal membuat hidup sang pesepakbola juga jadi sorotan.

Kehidupan Diego Maradona sempat dikemas begitu menarik lewat film dokumenter. Film tersebut disutradarai Asif Kapadia yang juga membesut sejumlah film dokumenter dari tokoh-tokoh dunia di antaranya pebalap mobil Aryton Senna dan penyanyi Amy Winehouse.

Asif Kapadia menggunakan sekumpulan rekaman yang belum pernah dilihat sebelumnya yang diperoleh secara eksklusif. Rekaman-rekaman itu di antaranya diperoleh dari rekaman pribadi yang dimiliki oleh mantan istri Diego Maradona, yakni Claudia yang menyimpan rekaman tersebut selama 30 tahun di bagasi mobilnya.

Dokumenter berjudul Diego Maradona itu memperlihatkan sosok sang pesepakbola seperti Senna dan Winehouse. Maradona diberkati dengan keahlian yang langka.

Dia tidak terlalu tinggi dan dia tidak terlalu kurus. Ia lahir di daerah kumuh Buenos Aires dan dibesarkan di sebuah kota kumuh di Argentina.

Ia tak banyak menelan bangku pendidikan formal. Namun Maradona menjadi salah satu pemain paling terkenal dan bergaji tertinggi di dunia. Meski begitu, tingkahnya di luar lapangan hijau kerap terlihat di luar dugaan.

Naik turunnya karier Maradona yang terlihat paling cemerlang yakni di momen Piala Dunia 1986 - dia mencetak dua gol legendaris dalam satu pertandingan. Salah satunya adalah bola tangan 'tangan Tuhan' yang dikenal berbahaya menjebol gawang.

Di luar kariernya, kehidupan Diego Maradona menjadi daya tarik lewat rangkaian kasus dan masalah. Di antaranya kecanduannya terhadap kokain hingga perselingkuhan juga organisasi kriminal yang melekat pada pamor sang bintang sepakbola ini.

Sebelum dokumenter ini, ide untuk mendokumentasikan kehidupan Maradona dimulai pada tahun 1981 oleh agen pertamanya Jorge Cyterszpiler. Namun, film tersebut tidak pernah diproduksi.



Simak Video "Fans Berkumpul di Depan Rumah Mendiang Maradona"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/nu2)