Holidate, Pacar Khusus Pas Hari Libur

Candra Aditya - detikHot
Kamis, 29 Okt 2020 14:38 WIB
Poster film Netflix Holidate
Foto: dok. Netflix
Jakarta -

Dengan Holidate, Netflix kembali membuktikan bahwa dia adalah pemasok film komedi romantis yang paling jitu. Dimainkan oleh Emma Roberts dan Luke Bracey, Holidate adalah apapun yang Anda butuhkan dari sebuah film komedi romantis. Film ini lucu, menggemaskan, romantis lengkap dengan pemain-pemain yang wajahnya memanjakan mata. Intinya film ini tidak boleh Anda lewatkan.

Dari pembukaannya, ketika Sloane (Emma Roberts) mengucapkan kalimat sumpah serapah tentang betapa menyebalkannya liburan, Anda bisa menebak bahwa Holidate adalah sebuah komedi romantis yang diperuntukkan bagi penonton dewasa. Penulis skrip Tiffany Paulsen membuat Holidate agak sedikit lebih fresh dari kebanyakan film komedi romantis kebanyakan karena karakter-karakternya bertingkah laku dan berdialog seperti manusia kebanyakan. Meskipun tentu saja ada banyak hal yang memang sudah sesuai dengan pakem romantic comedy (seperti adegan grand gesture di akhir film) tapi kebanyakan Holidate diisi dengan berbagai situasi yang cukup relatable.

Sloane sendiri menyumpah serapahi hari liburan karena dia dianggap sebagai pecundang di keluarganya. Dia adalah satu-satunya yang single di keluarganya. Kakaknya sudah menikah dan berbahagia dengan banyak anak dan adiknya sebentar lagi akan menikah dengan pacarnya. Satu-satunya yang mungkin dianggap pecundang seperti Sloan adalah tantenya yang bernama Susan (Kristin Chenoweth). Tapi dia sendiri selalu datang membawa gandengan di setiap kali acara keluarga. Walaupun gandengannya ganti-ganti tapi setidaknya Susan tidak sendirian dan menikmati makan malam di meja anak-anak seperti yang dilakukan Sloane di malam natal.

Sementara itu Jackson (Luke Bracey) adalah seorang pemain golf profesional yang sejujurnya ingin agak lebih rileks saat ini. Dia tidak ingin terbelenggu dengan komitmen. Dia ketakutan dengan prospek langsung dikenalkan ke seisi anggota keluarga padahal baru berkencan beberapa waktu saja. Ketika dia akhirnya bertemu dengan Sloane tidak sengaja di sebuah mal, sebuah perjanjian pun diutarakan. Bagaimana jika mereka menjadi teman kencan eksklusif selama liburan saja?

Tentu saja Anda bisa menebak apa yang terjadi setelah ini. Apalagi ketika mereka berdua berikrar bahwa mereka tidak akan berhubungan seks atau saling tertarik satu sama lain. Inilah menurut saya yang menarik dari Holidate. Paulsen sebagai penulis skrip meskipun mengikuti semua rumus romantic comedy dengan setia dari awal sampai akhir tetap bisa membuat film ini terasa menyenangkan. Semua hal yang terasa familiar tetap bisa dinikmati karena semua situasi yang terjadi kelihatan tulus.

Poster film Netflix HolidatePoster film Netflix Holidate Foto: dok. Netflix

Sutradara John Whitesell mengolah skrip dari Paulsen dengan visual yang megah. Mungkin karena produsernya McG yang terkenal dengan gambar bling-bling atau mungkin karena Whitesell ingin menggaris-bawahi setiap momen liburan yang ada di film ini, visual Holidate terasa sangat megah dibandingkan film komedi romantis kebanyakan. Warna-warnanya benar-benar mencolok mata lengkap dengan pencahayaan yang ekstrim. Ditambah dengan para pemain yang sangat good looking mulai dari Emma Roberts, Luke Bracey, Kristin Chenoweth, Alex Moffat bahkan sampai Manish Dayal, Holidate terlihat begitu mentereng.

Set pieces yang dibuat oleh Whitesell juga asyik. Karena film ini bercerita tentang dua orang asing yang memutuskan untuk menjadi teman kencan selama liburan, Whitesell menggambarkan semua jenis liburan dengan pol-polan disini. Mulai dari Natal, tahun baru, Valentine, paskah, hari raya kemerdekaan sampai Halloween terlihat sangat meriah di layar. Cara Whitesell menyeimbangkan antara roman dan humor juga asyik sehingga setiap momen yang ada di Holidate terasa pas tanpa terasa berlebihan.

Tapi sejujurnya yang membuat Holidate menjadi enak ditonton adalah chemistry antara Roberts dan Bracey. Tanpa mereka berdua mungkin Holidate akan menjadi salah satu romcom basi yang rilis di Netflix. Di tangan mereka berdua karakter Sloane dan Jackson tidak hanya terasa serasi tapi juga seksi, liar, kocak dan juga menggemaskan. Mereka berhasil memberikan satu hal yang dibutuhkan untuk membuat sebuah romantic comedy sukses: membuat penonton untuk mendukung mereka menjadi pasangan di akhir film.

Holidate dapat disaksikan di Netflix

Candra Aditya adalah seorang penulis dan pengamat film lulusan Binus International.

(aay/aay)