5 Film Terbaik Stephen Chow, Si Raja Komedi yang Kini Terlilit Utang

Tim detikhot - detikHot
Kamis, 15 Okt 2020 13:24 WIB
BEIJING, CHINA - JANUARY 11:  Film director Stephen Chow promotes film The New King Of Comedy Press Conference on January 11, 2019 in Beijing, China.  (Photo by Lintao Zhang/Getty Images)
Stephen Chow / Foto: Getty Images/Lintao Zhang
Jakarta -

Hidup aktor Stephen Chow kini jadi sorotan karena terlilit utang. Padahal, Stephen Chow dikenal punya kiprah yang besar di dunia perfilman Asia.

Stephen Chow mengikuti jejak para pendahulunya seperti Bruce Lee hingga Jackie Chan. Film-filmnya tak lepas dari unsur bela diri yang ia beri sentuhan humor.

Salah satu di antara film-film tersebut membuat Stephen Chow pun menerima gelar sebagai si raja komedi. Film tersebut berada di daftar film Stephen Chow terbaik lainnya, berikut ini:

1. Shaolin Soccer (2001)

Shaolin SoccerShaolin Soccer Foto: (dok.wiki/Shaolin Soccer Official)

Film ini menjadi salah satu film Hong Kong tersukses sepanjang masa. Sebuah komedi olah raga yang disutradarai, ditulis naskahnya sekaligus dibintangi Stephen Chow.

Sang aktor berperan sebagai seorang ahli Kung Fu bernama Sing yang berniat mempromosikan bela diri tersebut ke masyarakat luas. Pertemuannya dengan seorang mantan pesepak bola, Fung yang disebut-sebut Golden Leg itu membuka kesempatan Sing lebih luas. Sing diminta membantu mengumpulkan para shaolin untuk membuat tim sepak bola yang paling luar biasa yang pernah ada.

Shaolin Soccer tak hanya sukses di industri film Hong Kong. Film ini juga sukses memperkenalkan film komedi ini ke dunia internasional yang didistribusikan hingga di Amerika.

2. Kung Fu Hustle (2004)

Kung Fu HustleKung Fu Hustle Foto: (dok.imdb.)

Kung Fu Hustle juga merupakan salah satu film populer dari Stephen Chow. Film ini penuh aksi, lucu sekaligus menghibur dengan efek-efek dan tipuan yang membuat rangkaian adegan dramatisnya over the top.

Film ini bercerita tentang kelompok geng pembunuh, kehidupan masyarakat miskin juga seorang gangster yang mencoba menemukan jati dirinya.

Stephen Chow berperan sebagai seorang penipu yang mengaku sebagai anggota geng Kapak yang kejam. Ia memanfaatkan label tersebut untuk memeras penduduk miskin, Pigsty Alley. Suatu ketika identitas palsunya terancam terkuak ketika kelompok geng Kapak yang asli muncul.

Film ini tak hanya sukses dirilis di Hong Kong. Kung Fu Hustle meraup USD 101 juta dari penayangannya di Amerika.

3. All for The Winner (1990)

All for The WinnerAll for The Winner Foto: (dok.imdb.)

Spinoff dari seri God of Gambler ini juga merupakan film terbaik dari Stephen Chow. Film terlaris di Hong Kong tahun 1990 ini membuat Stephen Chow menerima gelar sebagai raja komedi di Asia.

Ia memerankan seorang bocah memiliki kemampuan lebih melihat sebuah objek yang kemudian dimanfaatkan sang paman untuk menggiringnya ke perjudian. Kemampuan bocah bernama Sing ini membuatnya dikenal sebagai Saint of Gambling dan membawanya ke turnamen judi tingkat tinggi.

All for The Winner menjadi salah komedi Stephen Chow yang paling lucu. Sebagian besar berkat humor slapstick yang dibawakan Chow di film tersebut.

Penampilannya bersama aktor Hong Kong, Ng Man-Tat dalam film ini juga dipuji terbaik dari duet-duet keduanya di film sebelumnya.

4. King of Comedy (1999)

King of ComedyKing of Comedy Foto: (dok.imdb.)

Banyak yang menyebut, film ini merupakan kisah nyata tentang karier Stephen Chow di masa lalu. King of Comedy bercerita tentang seorang aktor yang bercita-cita menuju puncak ketenaran.

Serupa dengan kisah hidup Chow yang lahir dari keluarga miskin dan merintis karier sebagai aktor cabutan yang kemudian sukses dan dikenal.

Stephen Chow tak hanya menjadi aktor di film ini. Ia juga menulis naskah film tersebut.

5. A Chinese Odyssey

A Chinese OdysseyA Chinese Odyssey Foto: (dok.imdb.)

Film ini menceritakan perjalanan imajinatif mengadaptasi cerita sejarah dalam literatur China, Journey to The West dan Monkey King.

Stephen Chow memerankan raja kera dalam film tersebut yang dibuat 2 bagian. Penampilannya dalam film ini menuai penghargaan pada Chow.

Ia diganjar sebagai aktor terbaik dari ajang penghargaan Hong Kong Film Critics Society Awards. Film ini juga masuk dalam daftar 20 besar 100 film China terbaik di ajang Hong Kong Film Awards.



Simak Video "Aktor Hong Kong Stephen Chow Terancam Bangkrut"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/nu2)