Film Pendek Mahasiswa IKJ Masuk Seleksi Academy Awards

Devy Octafiani - detikHot
Selasa, 06 Okt 2020 17:53 WIB
Kemanten
Film Kemanten masuk seleksi Academy Awards / Foto: dok. istimewa
Jakarta -

Sebuah film pendek berjudul Kemanten berhasil menerima apresiasi luar biasa dari ajang penghargaan Academy Awards. Film ini terpilih sebagai finalis di ajang Student Academy Awards.

Ajang penghargaan ini merupakan gelaran yang digagas Academy of Motion Picture Arts and Sciences dari Oscar. Tahun ini, Kemanten menjadi salah satu peserta dari ribuan film yang ikut bersaing di kompetisi ini.

Sutradara film ini adalah Imam Syafi'i. Ia merupakan mahasiswa Institut Kesenian Jakarta (IKJ) jurusan Penyutradaraan Film.

Diungkapkan Imam, dirinya tak menyangka Kemanten mendapatkan apresiasi dari kompetisi Student Academy Awards.

"Film ini sebenarnya dibikin tujuannya untuk tugas akhir. Terus kami dapat rekomendasi untuk ikut Student Academy Awards setelah nyoba masukin ke beberapa festival, jadi semi finalis itu nggak nyangka," ungkapnya saat dihubungi detikcom.

Kemanten lolos akhirnya masuk menjadi semifinalis dari 1.468 film dari berbagai negara yang ikut serta dalam kompetisi ini. Kemanten diungkapkan Imam, merupakan sedikit film yang ambil bagian bersaing di ajang ini dari Asia.

[Gambas:Instagram]


"Yang saya tahu, peta dari film-film yang ikut serta ini kebanyakan dari Amerika dan Eropa," ungkap Imam.

Kemanten menceritakan tentang seorang perempuan yang dilema akan pernikahannya. Sang adik mengalami penyakit yang membuat sang kakak gamang untuk melangsungkan pernikahan di hari H.

Proyek film ini menjadi proyek film yang personal bagi Imam. Dirinya memetik pengalaman sang ibu di masa lalu yang kemudian ia gali dan ia kembangkan ke dalam film.

Kemanten diharapkan Imam dapat tayang dalam waktu dekat. Ia ingin menayangkan filmnya lewat jalur penayangan alternatif untuk menyapa pencinta film di luar sana.

Masih ada setu tahap lagi yang harus dilalui oleh Kemanten untuk masuk final. Kompetisi film ini sudah digelar sejak 1972. Setiap tahun, mahasiswa film perguruan tinggi dan universitas dari seluruh dunia bersaing untuk mendapatkan penghargaan Student Academy Awards.



Simak Video "Oscar 2020 Disambut Hujan Deras"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/nu2)