5 Fakta Film Enola Holmes, Digugat Arthur Conan Doyle hingga Kesalahan di Poster

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Sabtu, 03 Okt 2020 19:44 WIB
Enola Holmes
Enola Holmes Foto: (dok.imdb.)
Jakarta -

Sosok Enola Holmes sedang banyak dibicarakan. Dia adalah sosok adik perempuan dari detektif paling terkenal di dunia yakni Sherlock Holmes.

Enola Holmes dihidupkan dalam film berjudul sama yang diperankan oleh Millie Bobby Brown dan kini bisa disaksikan di Netflix. Berikut beberapa fakta dari film yang juga diperankan oleh Henry Cavill dan Sam Claflin tersebut.

Sebelumnya, dengarkan juga ulasan film Enola Holmes di Podcast Penonton Bayaran detikcom di Spotify atau play di bawah ini:

1. Digugat penulis Sherlock Holmes

Enola Holmes boleh saja berasal dari keluarga yang sama dengan Sherlock. Sherlock pun tampil dalam film ini dan diperankan oleh Henry Cavill. Namun bagaimana karakter Sherlock dihadirkan dalam film Enola Holmes justru mendapat reaksi keras dari The Conan Doyle Estate.

Keluarga penulis Sherlock Holmes, The Conan Doyle Estate, menggungat Netflix dan rumah produksi Legendary Pictures, serta penerbit buku Penguin Random House, atas tuduhan pelanggaran hak cipta dan merek adagang terhadap Enola Holmes.

Alasannya karena sosok Sherlock dalam Enola Holmes punya pengembangan karakter yang berbeda dengan sosok asli dari Sherlock Holmes karya Arthur Conan Doyle. Dalam Enola Holmes, Sherlock dikisahkan jadi sosok yang lebih hangat dan sangat berbeda dari sosok asli dalam kisah originalnya.

2. Diangkat dari novel serial

Enola Holmes adalah film yang diangkat dari buku serial. Untuk film pertamanya yang tayang di Netflix ini merupakan adaptasi dari buku tulisan Nancy Springer berjudul The Enola Holmes Mysteries: The Case of the Missing Marquess (2006).

Sejak buku pertama hingga tahun 2010, ada total enam buku yang dirilis oleh nancy Springer buat Enola Holmes. Di antaranya The Case of the Left-Handed Lady (2007), The Case of the Bizarre Bouquets (2008), The Case of the Peculiar Pink Fan (2008), The Case of the Cryptic Crinoline (2009), dan The Case of the Gypsy Goodbye (2010).

3. Poster yang tidak akurat

Poster Enola Holmes yang dirilis Netflix menampilkan sosok Millie Bobby Brown sebagai Enola Holmes yang bergaun merah. Kemudian di belakangnya ada sederet karakter seperti Mycroft dan Sherlock juga ibu Enola yang jago karate diperankan oleh Helena Bonham Carter.

Di latar belakang, kita bisa melihat Big Ben yang ikonik. Namun ternyata bangunan di samping kanan Big Ben dalam poster itu dinilai tidak akurat dari segi waktu.

Alasannya, kisah Enola Holmes dibuat berlatar abad ke-19. Sementara gedung di sebelah kanan Big Ben dalam poster tersebut yang adalah gedung Portcullis House di London baru dibangun di tahun 2001. Poster ini pun mendapat kritik dari netizen.

4. Tadinya akan tayang di bioskop

Enola Holmes direncanakan tayang di layar lebar. Namun karena pandemi COVID-19, film ini akhirnya dijual hak cipta dan hak tayangnya ke Netflix. Ketika Legendary Pictures mengumumkan akan mengadaptasi buku Nancy Springer di tahun 2019, mereka merencanakan Enola Holmes untuk tayang di musim liburan tahun 2020.

Namun sejak awal tahun 2020 ini pandemi telah menghantam dunia dengan amat keras, termasuk dunia hiburan Hollywood. Sehingga film ini pun kemudian dijual ke Netflix di bulan April untuk tayang September.

5. Millie Bobby Brown sebagai produser

Millie Bobby Brown tidak hanya berbakat sebagai seorang aktor. Dalam Enola Holmes, dia ikut serta sebagai produser. Sentuhan aktingnya sebagai Enola Holmes dan juga sebagai produser terbukti sukses dalam menampilkan sosok remaja perempuan tangguh yang penuh semangat.

Enola Holmes adalah film pertama Millie Bobby Brown yang ikut diproduksinya. Terlepas dari usianya yang masih 16 tahun, dia sudah bisa memproduseri filmnya sendiri.



Simak Video "Louis Partridge, Si Tewksbury yang Curi Perhatian di 'Enola Holmes'"
[Gambas:Video 20detik]
(sro/dar)