Mengenang Benyamin Sueb dan Pesannya yang Terakhir Lewat Si Doel

Devy Octafiani - detikHot
Selasa, 22 Sep 2020 13:04 WIB
Benyamin dan Ida Royani dalam film Musuh Bebuyutan
Almarhum Benyamin Sueb / Foto: dok.pribadi
Jakarta -

Tak akan lengkap rasanya dunia hiburan Tanah Air tanpa sosok Benyamin Sueb. Ia dikenang sebagai aktor legendaris Tanah Air yang meramaikan dunia film juga musik Indonesia.

Sosoknya diabadikan Google Doodle hari ini oleh seniman Isa Indra Permana. Selama ini, Benyamin Sueb dikenal sebagai seniman yang gencar mengangkat budaya Betawi.

Ia mengangkatnya lewat film juga musik yang ia bawakan. Album dan karya musiknya terhitung mencapai lebih dari 100. Penampilannya di depan kamera juga terhitung lebih dari 50 karya film.

Benyamin Sueb mengembangkan istilah-istilah populer yang jadi ciri khas Betawi di antaranya Kompor Meleduk hingga Nonton Bioskop. Dua istilah tersebut adalah dua lagu yang hingga kini melekat di telinga dan mengingatkan langsung pada sosoknya.

Dengan zaman yang berbeda, sosoknya dihidupkan kembali lewat film. Remake dari film lamanya berjudul Benyamin Biang Kerok besutan Hanung Bramantyo menempatkan sosok Benyamin lewat penampilan aktor Reza Rahadian.

Di antara pro dan kontra kehadiran Reza sebagai Benyamin, Rano Karno yang dikenal sebagai seniman Betawi menyebut, penggambaran Benyamin Sueb di masa kini tentu berbeda.

Reza Rahadian saat nobar film 'Benyamin Biang Kerok'Reza Rahadian saat nobar film 'Benyamin Biang Kerok' Foto: Hanif Hawari/ detikHOT

"Ini gaya zaman sekarang, tentu berbeda dengan zamannya dulu," ungkap Rano dalam wawancara setahun lalu.

Penampilan Benyamin Sueb yang terakhir ada dalam cerita sinetron Si Doel Anak Sekolahan yang tayang di layar kaca di rentang tahun 1994 sebanyak 7 musim dengan 162 episode.

Ia menjadi Babeh, ayah Doel yang dibawakan Rano Karno. Meninggalnya Benyamin di tahun 1995 menjadi kabar yang mengejutkan sekaligus kabar duka bagi sinetron tersebut. Benyamin meninggal dunia karena serangan jantung.

Salah satu episode Si Doel Anak Sekolahan pun harus merangkai cerita baru karena meninggalnya Benyamin Sueb.

Ada salah satu ungkapan yang juga tak terlupakan dari almarhum Benyamin di penampilannya dalam Si Doel Anak Sekolahan. Ungkapan tersebut pun tak lekang waktu dan ngena buat siapa saja.

"Gue pesen same lo semua nih, hidup itu harus jujur, jujur, jujur. Biar hidup kita nggak ancur," ujar Benyamin.



Simak Video "Mengenal Isa Indra Permana, Ilustrator Google Doodle Benyamin Sueb"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/tia)