Waiting for The Barbarians, Film Tentang Kebencian dan Kolonialisme di Mola TV

Devy Octafiani - detikHot
Rabu, 16 Sep 2020 07:20 WIB
Waiting for The Barbarians
Waiting for The Barbarians / Foto: (dok.imdb.)
Jakarta -

Johnny Depp tampil dalam film Waiting for The Barbarians. Film ini adalah sebuah fabel klasik berkaitan dengan isu kolonialisme dari novel karya J.M Coetzee.

Isu yang kini masih tak lekang waktu. Digarap oleh sutradara Ciro Guerra, Waiting for The Barbarians mengembangkan cerita tentang bagaimana kekerasan dianggap menjadi jalan satu-satunya untuk mempertahankan dan memperoleh kekuasaan.

Johnny Depp yang berperan sebagai Kolonel Joll, mendatangi kawasan kekaisaran anonim di mana daerah itu berada di bawah pantauan seorang hakim selama ini. Kawasan tersebut diyakini Joll rentan terhadap penyerbuan pihak asing yang mampu menghancurkan kekuasaan kekaisaran.

Bagi sang hakim, kawasannya tak pernah mengalami banyak masalah. Ia menunjukkan bagaimana kawasan yang ia pimpin aman dan tenteram.

Namun Kolonel Joll meyakini akan ada kejadian tak beres di masa depan. Ia pun menangkap dua orang pria yang merupakan paman dan keponakan untuk ditawan. Keduanya dianggap penyusup yang akan membawa bahaya bagi kekaisaran setempat.

Waiting for The BarbariansWaiting for The Barbarians Foto: (dok.imdb.)

Waiting for The Barbarians memperlihatkan sikap yang bertolak belakang di antara sang hakim dan Kolonel Joll. Keduanya punya perbedaan prinsip tentang memaknai keadilan dan kebenaran.

"Jika kau ingin tahu kebenaran, lihat melalui mata," ungkap sang hakim yang diperankan oleh Mark Rylance.

Sementara Kolonel Joll meyakini, kekerasan menjadi jalan terbaik.

"Rasa sakit menyampaikan kebenaran. Di luar itu semua hanyalah keraguan semata," ungkap kolonel Joll.

Tema opresi memang kerap diangkat penulis J.M Coetzee dalam novelnya. Penulis asal Afrika Selatan ini sendiri bahkan memilih untuk menjadi warga negara Australia karena kritikannya terhadap opininya yang vokal menyuarakan sistem apartheid lewat karya-karyanya.

Waiting for The Barbarians tak jauh dari tema opresi yang diangkat J.M Coetzee. Kisahnya yang berlatar masa lampau, film ini disetujui sang aktor yang memerankan sang hakim, yakni Mark Rylance relevan di banyak hal hingga masa sekarang.

"Cara bagaimana kisah novel ini dieksplorasi ke hampir semua keadaan di dunia adalah hal yang luar biasa. Membacanya, saya berpikir seperti melihat invasi ke Irak dan Afganistan," tukas Mark Rylance.

[Gambas:Youtube]






Simak Video "Amber Heard Bantah Selingkuh dengan Elon Musk"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/doc)