Bertema Time Loop, Sabar Ini Ujian Sempat Bikin Manoj Punjabi Ragu

Pingkan Anggraini - detikHot
Jumat, 04 Sep 2020 20:26 WIB
Sabar Ini Ujian
Foto: Manoj Punjabi, sutradara & cast Sabar Ini Ujian (Pingkan/detikcom)
Jakarta -

Industri perfilman Tanah Air memang terhambat lantaran pandemi COVID-19 yang ada saat ini. Proses syuting hingga penayangan film pun mengalami pengunduran.

Di tengah kondisi PSBB, para pekerja film tetap berusaha untuk kreatif untuk tetap berkarya. Salah satu yang terbaru datang dari MD Pictures, sebuah film dengan konsep time loop berjudul Sabar Ini Ujian.

Sabar Ini Ujian merupakan film Indonesia pertama berkonsep time loop yang disutradarai Anggi Umbara. Meski kini sudah selesai diproduksi dan siap tayang, awalnya produser MD Pictures Manoj Punjabi sempat menaruh keraguan pada Sabar Ini Ujian.

Ditegaskan Manoj, ia meragu lantaran konsep time loop perlu kematangan cerita. Film dengan konsep time loop juga biasa digunakan perfilman luar negeri namun belum ada di Indonesia.

"Awalnya saya ragu sekali. Ini bisa nggak kita mau coba-coba sesuatu yang nggak lokal. Tapi good job," ujar Manoj saat djumpa pers film Sabar Ini Ujian, di MD Place, Kuningan, Jumat (4/9/2020).

Tentunya Anggi Umbara tak semata-mata hanya ingin mengusung konsep time loop. Idenya kali ini sebagai salah satu harapan untuk industri film agar lebih berkembang lagi.

Anggi merasa industri film Tanah Air saat ini perlu warna baru. Salah satunya dengan mewujudkan keinginannya menggarap film berkonsep time loop.

"Ini film persembahan saya untuk perfilman Indonesia supaya lebih besar lah genre dengan konsep-konsep yang dibawakan," tutur Anggi.

"Ya supaya Pak Manoj lebih nggak ragu untuk menerima konsep-konsep yang baru gitu. Ini konsep film time loop yang pertama gitu. Nah ini persembahan saya untuk film Indonesia," lanjutnya.

Film Sabar Ini Ujian juga menggaet aktor terkenal seperti Vino G Bastian, Luna Maya, hingga Omesh. Sang tokoh utama, Vino pun menyampaikan kesan pertamanya dapat menjadi bagian dari film time loop ini.

Pengalaman syuting seharian dikasur pun tampak menjadi kesan tersendiri bagi aktor 38 tahun itu. Vino mengaku sangat lelah melakukannya ketimbang ketika ia melakukan syuting untuk film laga.

"Ada scene seharian saya cuma di tempat tidur gitu. Ngulang-ngulang dan itu capek banget dibanding film action. Ya semoga ini menjadi kesempatan untuk film-film Indonesia," tutur Vino.

Dijelaskan Vino, dia dan kru sempat bingung lantaran set tempat syuting mereka di sebuah daerah gagal lantaran adanya pandemi Corona. Vino dan tim perlu mencari lagi lokasi baru untuk syutingnya itu.

Hal ini menjadi pengalaman pertama bagi Vino yang harus menyelesaikan pekerjaannya sebagai aktor di film Sabar Ini Ujian saat memasuki masa PSBB beberapa waktu lalu.

"Syuting film ini persis sebelum pandemi dan kita ada satu lokasi yang cancel karena warganya udah nutup kampung," jelas Vino lagi.

"Itu menjadi satu pengalaman tersendiri sepanjang karier saya karena di situasi yang harus sabar ya emang kayak related gitu ya," tutupnya.

(pig/aay)