Rekomendasi 5 Film Dance yang Bakal Bikin Kamu Goyang!

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Kamis, 03 Sep 2020 18:24 WIB
Poster film Step Up (2006)
Foto: dok. IMDB
Jakarta -

Siapapun kamu, bisa atau tidak bisa menari, ketika mendengarkan musik yang kamu suka badan kamu pasti nggak menolak untuk bergoyang. Walaupun nggak di tempat-tempat umum, paling tidak kamu pasti pernah menari sendiri di kamar atau sambil menyanyi di kamar mandi.

Tema dance dan tari-menari kerap hadir dalam film layar lebar. Dalam sajian musikal memang adegan-adegan menari tidak bisa dihindarkan. Namun tak jarang pula elemen tari-tarian dan dance menjadi balutan cerita dalam kisah komedi romantis khas remaja.

Berikut beberapa rekomendasi film dengan genre dance yang dijamin bakal bikin kamu ikutan bergoyang setelah menyaksikan filmnya:

1. Step Up

[Gambas:Youtube]


Tidak diragukan lagi Step Up adalah judul film tentang dance yang ikonik pada masanya, bahkan mungkin hingga kini. Karena popularitasnya film ini bahkan dibuatkan empat sekuel dengan cerita yang berbeda-beda. Namun tentu saja film pertama yang diperankan Channing Tatum dan Jenna Dewan mungkin yang paling disukai.

Step Up dirilis tahun 2006 dan disutradarai oleh Anne Fletcher. Ini adalah karya debut dari sang sutradara dengan naskah yang ditulis oleh Duane Adler dan Melissa Rosenberg.

2. Happy Feet

[Gambas:Youtube]


Dance nggak cuma menarik di kehidupan manusia. Di dunia pinguin pun dance jadi sesuatu yang benar-benar menarik perhatian. Seekor pinguin bernama Mumble, hidup dalam dunia di mana semua pinguin harus bisa bernyanyi demi mendapat pasangan. Karena sebuah insiden saat masih dierami sang Ayah, Mumble jadi tidak bisa bernyanyi tapi sangat jago tap dance.

Mumble dianggap sebagai aib dalam komunitas pinguin. Suatu hari dalam perjalanannya memecahkan sebuah misteri, Mumble bertemu dengan kawanan pinguin dari jenis yang berbeda yang justru menerima dirinya yang jago menari.

Happy Feet diproduksi tahun 2006 dan disutradarai, diproduseri, serta ditulis juga naskahnya oleh George Miller. Sederet aktor dan aktris papan atas didapuk sebagai pengisi suara di antaranya Elijah Wood, Robin Williams, Brittany Murphy, Hugh Jackman, hiangga Nicole Kidman.

3. Work It

[Gambas:Youtube]


Work It adalah sajian terbaru dari produksi original Netflix. Berkisah tentang Quinn Ackerman yang ingin jadi mahasiswa di kampus populer, namun dia harus memiliki hal lain yang istimewa. Kampus itu pun memilih dance dan mengharuskan Quinn untuk mengikuti sebuah kompetisi buat memperkaya CV-nya.

Sayangnya Quinn tidak bisa dance dan grup dance sekolah tidak mau menerimanya sebagai anggota. Dia pun membentuk grup baru dan mulai belajar menari dari nol.

Work It jadi film tentang menari yang muncul di era TikTok. Film ini diulas di Podcast Penonton Bayaran detikcom episode terbaru yang sudah bisa kamu dengarkan di Spotify:

4. Footlose

[Gambas:Youtube]


Ini adalah salah satu film drama musikal klasik yang dirilis tahun 1984 dan disutradarai oleh Herbert Ross. Berkisah tentang Ren McCormack (diperankan oleh Kevin Bacon) yang pindah ke kota kecil bersama ibu, paman, dan bibinya. Menari tidak diperbolehkan di tempat barunya namun dia berusaha untuk mendobrak larangan tersebut.

Footlose dianggap sebagai salah satu musikal sukses yang akhirnya diadaptasi ke panggung musikal di tahun 1998. Di tahun 2011 film ini juga di-remake dan diarahkan oleh sutradara Craig Brewer menampilkan Kenny Wormald dan Julianne Hough.

5. Bring It On

[Gambas:Youtube]


Salah satu sajian klasik tentang cheerleader yang kental juga dengan elemen dance. Film ini ingin menampilkan bagaimana para cheerleader berusaha memperlajari koreografi yang rumit dan kemampuan atletis mereka, namun sering dianggap remeh oleh orang-orang.

Film ini dirilis tahun 2000 dan dibintangi oleh Kirsten Dunz, Eliza Dushku, Jesse Bradford, dan Gabrielle Union. Kesuksesan film ini membuatnya dibuatkan film lain di universe yang sama di antaranya Bring It On Again (2004), Bring It On: All or Nothing (2006), Bring It On: Int It to Win It (2007), Bring It On: Fight to the Finish (2009), dan Bring It On: Worldwide Cheersmack (2017).

(ron/nu2)