Film Tilik: Sinopsis, Fakta, dan Link Nonton di YouTube

Rosmha Widiyani - detikHot
Senin, 24 Agu 2020 14:19 WIB
Film Tilik
Foto: Dok. YouTube/Ravacana Films/Film Tilik: Sinopsis, Fakta, dan Link Nonton di YouTube
Jakarta -

Film Tilik mungkin bisa dikatakan membuat sensasi di Twitter hingga masuk dalam Google Trend. Sutradara Joko Anwar bahkan sempat berkomentar terkait film pendek yang telah mengumpulkan 10 juta penonton di YouTube ini.

"Seingat saya, baru kali ini ada film pendek mengundang begitu besar perhatian, diskusi serta perdebatan yang sangat ramai dan menarik di Indonesia. Ini saja sudah satu pencapaian besar buat film TILIK. Great job, buat kru dan pemain. Salut dan selamat!" tulis Joko Anwar dalam akun Twitter @jokoanwar.

Joko juga menulis, film memang memberikan pendidikan untuk hidup namun bukan dengan memberikan contoh. Pendidikan diberikan dengan mengusik penonton supaya mau berpikir dan menilai sendiri. Dengan cara tersebut, film bisa mencerdaskan dan membuka pikiran.

Berikut link nonton Tilik di YouTube, sinopsis, dan fakta:

A. Link nonton Tilik di YouTube

Film Tilik bisa diakses di channel Ravacana Films dengan link https://www.youtube.com/watch?v=GAyvgz8_zV8. Bertindak sebagai sutradara adalah Wahyu Agung Prasetyo sementara produser adalah Elena Rosmeisara. Selain Tilik yang berdurasi 32 menit, penonton bisa melihat film pendek lain yang tak kalah menarik produksi Ravacana Films.

B. Sinopsis Tilik

Tilik adalah kata dalam bahasa Jawa yang berarti menjenguk orang sakit yang menjadi bentuk empati warga sekitar. Sinopsis film ini secara singkat bercerita tentang sekelompok warga sedang bergosip tentang tokoh bernama Dian saat dalam perjalanan menengok Bu Lurah yang sedang dirawat di rumah sakit.

"Dian adalah seorang kembang desa. Banyak lelaki yang mendekatinya hingga datang melamarnya. Warga desa bergunjing tentang status lajang Dian. Dalam satu kesempatan perjalanan naik truk dalam rangka menjenguk (tilik) Bu Lurah di rumah sakit di kota, beberapa warga berdebat tentang siapa yang bakal mempersunting Dian. Perjalanan "tilik" menjadi penuh gosip dan petualangan bagi para warga desa yang naik truk tersebut," tulis keterangan di channel Ravacana Films.

C. Fakta Tilik

Berikut fakta seputar Tilik yang membuat film mengundang rasa penasaran:

1. Menampilkan sosok Bu Tejo yang ikonik sebagai ibu-ibu tukang gibah yang mungkin kerap ditemui di lingkungan masyarakat

2. Alur cerita yang singkat, mudah dimengerti, dan sangat identik dengan kehidupan masyarakat

3. Hasil kerja sama dengan Dinas Kebudayaan DI Yogyakarta

4. Tilik meraih sejumlah prestasi di kancah perfilman internasional yaitu:

a. Winner Piala Maya 2018 - Film Pendek Terpilih

b. Official Selection Jogja-Netpac Asian Film Festival 2018

c. Official Selection World Cinema Amsterdam 2019



Simak Video "Siti Fauziah 'Bu Tejo' Banjir Dukungan Usai Nangis karena Di-bully"
[Gambas:Video 20detik]
(row/pal)