7 Film Hacker Terbaik, Anti Mainstream tapi Jangan Ditiru Aksinya

Tim detikcom - detikHot
Sabtu, 15 Agu 2020 13:45 WIB
Snowden: Jerman Adalah Contoh Utama Kerja Sama Pengawasan Intelijen AS
Foto: DW (News)/7 Film Hacker Terbaik, Anti Mainstream tapi Jangan Ditiru Aksinya
Jakarta -

Dalam era teknologi digital seperti sekarang ini, cyber crime atau kejahatan di dunia maya sangat marak terjadi. Salah satunya hacking atau peretasan untuk membobol sebuah sistem komputer. Kegiatan peretasan yang melibatkan teknologi, kecerdasan dan acap kali kenekatan ini pun menarik rumah produksi untuk membuat film hacker.

Biasanya, hacker bertujuan yang tidak baik. Salah satu motif hacker yakni mencuri nomor kartu kredit demi keuntungan finansial. Tindakan yang bermotif jahat ini jangan ditiru ya. Namun ada juga hacker yang sengaja direkrut untuk menguji atau mencari titik lemah sebuah sistem.

Berikut Film hacker terbaik:

1. Hackers

Hackers adalah sebuah film kejahatan Amerika Serikat yang dirilis tahun 1995. Film ini disutradarai oleh Iain Softley dan dibintangi oleh Jonny Lee Miller, Angelina Jolie, Renoly Santiago, Laurence Mason, Matthew Lillard, Jesse Bradford, Lorraine Bracco, dan Fisher Stevens.

Film ini bercerita tentang sekelompok peretas sekolah menengah iseng memasukan virus ke dalam sistem jaringan perusahaan terkenal. Perusahaan tersebut mempekerjakan seorang ahli IT untuk melindungi sistemnya. Sekelompok peretas sekolah itu pun menemukan sebuah kecurangan yang dilakukan oleh ahli IT tersebut dan membongkarnya.


2. Snowden

Edward SnowdenEdward Snowden Foto: Instagram/that_snowden

Film hacker terbaik salah satunya adalah Snowden. Film ini dirilis pada tahun 2016 dan disutradarai Oliver Stone. Film ini dibintangi oleh Joseph Gordon-Levitt, Shailene Woodley, Melissa Leo, Zachary Quinto, Tom Wilkinson, Scott Eastwood, Rhys Ifans dan Nicolas Cage.

Snowden diangkat dari kisah nyata pria bernama Edward Snowden. Snowden adalah dalang di balik bocornya rahasia data National Security Agency (NSA). Dia pun menjadi orang yang sangat dicari.

3. Blackhat

HOLLYWOOD, CA - JANUARY 08:  Actor  Leehom Wang arrives at the Premiere Of Universal Pictures And Legendary Pictures' HOLLYWOOD, CA - JANUARY 08: Actor Leehom Wang arrives at the Premiere Of Universal Pictures And Legendary Pictures' "Blackhat" at TCL Chinese Theatre IMAX on January 8, 2015 in Hollywood, California. (Photo by Valerie Macon/Getty Images) Foto: Getty Images

Blackhat adalah film hacker yang dirilis tahun 2015. Film ini disutradarai oleh Michael Mann. Blackhat dibintangi oleh Chris Hemsworth, Tang Wei, Viola Davis, Holt McCallany, dan Wang Leehom.

Film ini berkisah tentang Chris Hemsworth, yang berperan sebagai hacker jenius bernama Nicholas Hathaway. Dia harus memburu hacker penyebab kekacauan di beberapa negara. Karena pekerjaannya itu, dia harus terbang ke beberapa negara.

4. Swordfish

Film hacker berikutnya yakni Swordfish. Film karya sutradara Dominic Sena ini disebut film hacker terbaik sepanjang masa. Film yang dibintangi John Travolta dan Hugh Jackman ini rilis tahun 2001.

Swordfish berkisah tentang aksi hacker sangat hebat bernama Stanley Jobson. Stanley yang diperankan oleh Hugh Jackman ini pada awalnya ditugaskan untuk membobol sistem komputer Departemen Pertahanan AS. Ia hanya punya waktu 60 detik untuk melakukannya dan kalau tidak berhasil, maka nyawanya yang menjadi taruhannya.

5. Who Am I

Film Who Am I merupakan film hacker dari Jerman. Film ini disutradarai oleh Baran bo Odar dan dibintangi Tom Schilling dan Elyas M'Barek. Who Am I berkisah tentang sekelompok hacker muda bernama CLAY. Mereka grup hacker paling dicari di Eropa.

6. IT

IT adalah film hacker yang dirilis tahun 2016 yang disutradarai oleh John Moore dan ditulis oleh Dan Kay dan William Wisher. Film ini dibintangi oleh Pierce Brosnan, James Frecheville, Anna Friel, Stefanie Scott, dan Michael Nyqvist.

Film ini berkisah tentang seorang pria bernama Mike. Dia mempunyai keluarga yang harmonis, istri hingga anak perempuannya yang cantik. Mike memimpin bisnis penyewaan pesawat dan dalam proses mengubahnya ke bisnis penerbangan.

Namun tiba-tiba dia terlibat masalah karena hubungannya dengan pegawai konsultan I.T yang dipekerjakannya memburuk. Mantan pegawainya ini akhirnya menggunakan kemampuan teknologi yang dimilikinya untuk mengintai keluarga dan hidup Mike.


7. The Fifth Estate

The Fifth Estate adalah film hacker yang dirilis tahun 2013 dan disutradarai oleh Bill Condon. Film ini dibintangi oleh Benedict Cumberbatch sebagai direktur dan pendiri, Julian Assange, dan Daniel Brühl sebagai mantan juru bicaranya, Daniel Domscheit-Berg.

The Fifth Estate bercerita tentang pendiri Wikileaks (Julian Assange), hacker yang merupakan buronan paling dicari di Amerika Serikat. Dia mendirikan media yang menjadi Whistle Blower untuk membocorkan kebohongan- kebohongan pemerintah yang dinilai korup dan bobrok. Bekerja sama dengan hacker lainnya, Wikileak menjadi portal yang mencuri perhatian dunia.



Simak Video "Saat Sophia Latjuba 'Sulap' Dirinya Jadi Angelina Jolie"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/pal)