Olympus Has Fallen Bawa Gerard Butler Jadi Pahlawan Amerika dari Skotlandia

Devy Octafiani - detikHot
Selasa, 11 Agu 2020 09:38 WIB
Olympus Has Fallen
Gerard Butler dalam Olympus Has Fallen / Foto: (dok.imdb.)
Jakarta -

Olmypus Has Fallen merupakan film patriotisme yang dibintangi sekaligus diproduseri Gerard Butler. Ia menjadi tokoh yang melawan aksi teroris di gedung putih.

Terlibat dalam penggarapan cerita film ini, Gerard Butler memutuskan untuk menampilkan seorang agen kepresidenan yang berusaha menyelamatkan gedung putih sekaligus Amerika Serikat dari serangan teroris.

Ada alasan mengapa dirinya memutuskan untuk tak melibatkan asal muasal dirinya yang lahir di Skotlandia.

"Aku memang bukan warga negara AS, tapi aku besar dengan budaya barat di mana di rentang abad 20 hingga 21, segala hal berkaitan dengan Amerika," ujarnya dalam sebuah wawancara.

Meski plot ceritanya bergulir di gedung putih, secara gambaran besar Olympus Has Fallen menyampaikan hal tentang patriotisme. Selama ini Amerika juga dipandang sebagai simbol kebebasan yang tak terbantahkan.

"Seperti serangan pada 11 September, itu tak hanya menjadi serangan pada AS melainkan pada dunia dan prinsip kebebasan," urainya lagi.

Gerard Butler tak menampik ada banyak perbedaan makna yang diterima tiap orang usai menyaksikan film ini. Ia pun menyederhanakan kisah film tersebut sebagai semangat untuk menegakkan kebenaran.

"Film ini tak mesti harus dimaknai sebagai film yang mengkampanyekan kesetiaan anda terhadap negara. Pada intinya, pesan film ini adalah tentang kebaikan melawan kejahatan dan perjalanan seseorang bisa disebut sebagai seorang pahlawan," tuturnya.

Olympus Has Fallen menuai pendapatan USD 170 juta dari budget produksinya sebesar USD 70 juta. Film ini menuai ulasan positif yang disampaikan kepada sang sutradara Antoine Fuqua serta penampilan Gerard Butler di film.

Sekuel selanjutnya yaitu London Has Fallen yang dirilis di tahun 2016 dan Angel Has Fallen di tahun 2019.



Simak Video "Netizen Cekal Netflix Gegara Film 'Cuties'"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/doc)